oleh

Kartu pra-Kerja untuk Nakertrans Pulpis

PULANG PISAU, SKNEWS – Setelah sempat tertunda untuk beberapa waktu lamanya akibat penyebaran wabah pandemi Covid-19, akhirnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pulang Pisau dapat melaksanakan Program Pemagangan Dalam Negeri (PDN).

Kepala Disnakertrans Pulpis, Farisco J.S Ibat melalui Kepala Bidang Penempatan, Pelatihan, Produktivitas dan Transmigrasi Disnakertrans Pulpis, Rini Widigdo, ST mengatakan, PDN ini merupakan program dari Kementerian Ketenagakerjaan melalui Disnakertrans Provinsi yang bekerjasama dengan Disnaker Kabupaten/Kota se-Kalteng.

“Yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi Pencari Kerja (Pencaker) guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, keahlian, sikap, perilaku dan pengalaman di dunia industri dan jasa. Sehingga, menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dan siap kerja,” katanya.

Lebih lanjut, Rini menyampaikan, untuk jumlah peserta PDN di Kabupaten Pulpis untuk tahun 2020 berjumlah 30 orang yang terbagi dalam 3 (tiga) kejuruan. Yakni kejuruan Tata Busana (Menjahit), kejuruan Komputer serta kejuruan Otomotif Roda 4 (empat).

“Untuk pelaksanaan PDN, tiap peserta akan menjalani pelatihan teori selama 1 (satu) bulan, kemudian dilanjutkan dengan magang di tempat usaha yang sudah ditentukan selama 4 (empat) bulan,” terang Rini.

Dan juga, nantinya akan diberikan kepada peserta beberapa fasilitas seperti Kartu BPJS Ketenagakerjaan, Baju Pelatihan, insentif sebesar Rp. 1 juta yang akan diberikan setiap bulannya serta sertifikat yang akan diberikan diakhir kegiatan.

Selain PDN ini, Rini juga mengingatkan kepada warga di Kabupaten Pulpis, sesuai dengan Peraturan Presiden tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Kartu Prakerja sudah terbit. Penerima Kartu Prakerja ini nantinya juga akan mengikuti pelatihan kerja, insentif dan akses lapangan kerja.

“Bagi warga masyarakat yang belum mendaftar program Kartu Prakerja, bisa mengikuti petunjuk pendaftaran di www.prakerja.go.id. Apabila masih kesulitan mendaftar, bisa datang untuk minta bimbingan ke Dinas yang membidangi dan bisa juga datang ke LPK Karya Mandiri yang berlokasi di Jalan Lintas Kalimantan, RT. 07 Desa Mantaren l,” tandasnya. ( yt/red

Komentar

SK News Update