oleh

Hingga April Mendatang dalam Cuaca Exstrem, Nelayan di Himbau Menahan tidak Melaut

SK-News, PULANG PISAU – Hingga bulan April mendatang masyarakat Kalteng dan Pulang Pisau khususnya agar mewaspadai cuaca exstrem yang terjadi saat ini dimana kewaspadaan tersebut diminta seluruh perangkat desa agar terus melakukan update data yang terjadi.

 

Di Pulang Pisau sendiri ada beberapa daerah langganan terjadi bencana banjir yakni Banama Tingang dan Bukit Rawi ditambah wilayah pinggiran laut jawa yang beberapa pekan lalu dilanda banjir rob .

Salahudin selaku kepala BPBD saat ini pihaknya telah siagakan untuk daerah rawan bencana sebagai peringatan dini kepada masyarakat hal tersebut dimaksudkan jika terjadi gejala dini meningginya permukaan air maka bpbd akan segera kirim tim penanggulangan bencana.

“ Kami telah melakukan koordinasi dengan kepala desa serta masyarakat untuk selalu apdate informasi dan segera melakukan koordinasi jika terjadi gejala dini bencana alam sehingga kita dapat segera melakukan antisipasi,” kata Salahudin.

BPBD sendiri kini juga selalu melakukan persiapan invetarisasi peralatan yang dimiliki sehingga kesiagaan pelaratan akan memberikan ketepatan dalam penanganan jika terjadi bencana yang tidak diinginkan sewaktu – waktu.

Salahudin juga meminta kepada masyarakat untuk menahan diri tidak melakukan aktifitas melaut sebab cuaca yang terjadi saat ini tidak menguntungkan serta membahayakan diri para nelayan.

“ Mudahan cuaca ini segera normal tidak sampai dengan April walau perkiraan cuaca sampai April cuaca dalam keadaan ekstrem namun setidaknya kita telah melakukan langkah persiapan sedini mungkin dari tim yang kita miliki,” Sebut Salahudin.

Disebutkan bahwa beberapa pekan lalu juga terjadi banjir rob di wilayah pinggiran pantai Kahayan Kuala dan BPBD pun bisa melakukan upaya mengirimkan bantuan tim termasuk penanganan korban banjir dan hal tersebut tentu juga akan menjadi perhatian seluruh lapisan masyarakat bahwa bencana akan terjadi sewaktu – waktu. ( sr/red )

 

Komentar

SK News Update