Hadirkan Pemda Setiap RAT untuk Keadilan

Anggota DPRD Seruyan, Argiansyah, saat memberikan keterangan kepada rekan media, terkiat permasalahan koperasi di wilayah setempat. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Dalam upaya menghindari perselisihan dan mengedepankan keadilan di dalam kepengurusan koperasi, legislator menyarankan setiap rapat anggota tahunan (RAT) dinas terkait dihadirkan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Argiansyah mengatakan, setiap koperasi mengadakan RAT pemerintah daerah (pemda) harus hadir dan terlibat. Hal ini diperlukan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan koperasi dan masalah yang dihadapi. Sehingga permasalahan internal dalam koperasi bisa diminimalisir.

“Permasalahan yang sering terjadi di dalam koperasi diantaranya konflik antara pengurus dan anggota. Hal ini dikarenakan banyaknya pengaruh dari luar, sehingga aturan tidak berjalan sesuai dengan ketentuan,” katanya, Jumat, (2/6/23).

Menurutnya, dinas terkait memang tidak dapat mengikuti RAT secara menyeluruh. Namun, setidaknya dapat mengarahkan hal penting dan yang perlu dilakukan, salah satunya taat pada aturan yang berlaku dan jangan sampai bertindak diluar ketentuan.

“Diskoperindag dan UMKM memiliki staf yang memang membidangi masalah koperasi, sehingga jika ini diberlakukan perselisihan pasti dapat dihindari secara maksimal,” ujarnya.

Poltisi PDI-P ini menambahkan, masalah yang sering terjadi didalam koperasi adalah sisa hasil usaha. Tentunya untuk menangani masalah ini ada tenaga teknis yang sudah paham dan dapat memberikan penjelasan, sehingga koperasi dapat berjalan lebih baik dan taat aturan. *.*

Respon (62)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!