H+6 Lebaran, Sedikitnya 3.700 Penumpang Mulai Padati Pelabuhan Kumai

  • Bagikan
Inilah suasana arus balik di pelabuhan Kumai Kotawaringin Barat Lebaran plus 6, Kapal dari pulai Jawa telah mengantarkan sedikitnya 3.700 penumpang ke pelabuhan ini. Foto : Toni SK News

SK News, Kotawaringin Barat – Situasi angkutan arus balik yang diberangkatkan dari pulau Jawa menggunakan moda transportasi laut, dengan tujuan pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) hingga 6 hari pasca lebaran Idul Fitri terlihat sudah mulai ramai lancar.

Hal tersebut terlihat dari proses debarkasi penumpang dari kapal laut milik PT Dharma Lautan Utama (DLU), yang tiba sore kemarin dari Semarang, Senin, (9/5/2022).

Kendati belum terjadi puncak arus balik, namun mulai nampak adanya peningkatan dengan sedikitnya sebanyak 800 penumpang yang turun ke pelabuhan tersebut.

Koordinator Tata Usaha (TU), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai, Timbul Sinutar mengatakan bahwa berkaitan dengan jumlah penumpang arus balik hingga 6 hari pasca Lebaran Idul Fitri ini, sebanyak 3.700 lebih pemudik, yang sudah kembali ke Kalimantan Tengah, melalui Pelabuhan Panglima Utar Kumai.

“Sampai 6 hari setelah lebaran ini, terhitung 3.700 penumpang kapal laut telah turun dipelabuhan kumai, dari 10 kedatangan kapal,” kata Timbul.

Sedangkan menurutnya, untuk masa angkutan arus balik lebaran dengan moda trasportasi laut dari maupun menuju Pelabuhan Panglima Utar Kumai ini, akan terhitung hingga 15 hari setelah Lebaran mendatang.

“Sesuai Jadwal, jumlah kedatangan kapal untuk angkutan arus balik yaitu sebanyak 28 kali kedatangan kapal,” terangnya.

Adapun kapal tersebut, baik dari milik Palayaran Nasional Indonesia (Pelni), PT. Dharma Lautan Utama (DLU) maupun dari Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP ). *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!