DWP Seruyan Gelar Sosialisasi Perkawinan Dini

  • Bagikan
Pengurus, anggota DWP, dan organisasi wanita lainnya, ketika berfoto bersama dengan narasumber sosialisasi pencegahan perwakinan usia dini. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Dalam rangka mendukung suksesnya pembentukan kabupaten layak anak (KLA) dengan pengendalian pernikahan di bawah usia, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Seruyan menyelenggarakan sosialisasi perkawinan usia dini.

Sosialisasi KLA yang juga dirangkai dengan sosialisasi pencegahan perkawinan, bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPAP2KB) setempat.

Wakil Ketua DWP Seruyan, Suhida Hartasima mengungkapkan, kegiatan ini adalah untuk mengetahui bahwa perkawinan dini pada anak, merupakan pelanggaran atas pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Sebagaimana amanah dalam undang-undang tentang perlindungan anak, serta bagaimana kita dapat berperan dalam pencegahan perkawinan dini anak di lingkungan sekitar kita,” katanya, Minggu, (28/4/24).

Suhida menjelaskan, sebagai kaum perempuan harus lebih tanggap terhadap masa depan anak, terlebih tantangan dalam mendapatkan pekerjaan dalam setiap tahunnya selalu meningkat. Perlu kematangan dan kesiapan baik lahir maupun batin jika ingin mendapatkan kesuksesan.

“Menikah cepat belum tentu mendapatkan semua yang diinginkan, sebagai ibu yang juga mengurus rumah harus tanggap dan belajar lebih dini terkait resiko dan dampaknya,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Seruyan yang yang diwakili Asisten I Sekda Seruyan, Agus Suharto menyambut kegiatan ini, merupakan langkah awal kerja sama seluruh sistem pembangunan yang berbasis hak anak, melalui pelibatan komitmen dan sumber daya dari semua unsur yang ada, termasuk DWP dan organisasi wanita lainnya.

“Diselenggarakannya acara sosialisasi KLA ini, nantinya dapat menjadikan anak – anak yang berada di Kabupaten Seruyan menjadi yang aktif, kreatif, cerdas, sehingga kelak dapat bersaing dan berdaya guna,” harapnya. *.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!