DLH Rencanakan Tata Kelola Sampah Berkelanjutan

  • Bagikan
Inilah kegiatan yang dilakukan DLH dalam penanganan lokasi TPS yang ditutup namun masih dimanfaatkan masyarakat untuk membuang sampah, langkah ini dilakukan seiring dengan upaya penyadaran masyarakat akan taat membuang sampah pada lokasi yang ditentukan. Foto : Aditya / tim SK News
Hendri Arroyo Kadis Lingkungan Hidup Pulang Pisau

SKNEWS, PULANG PISAU – Menindaklanjuti persoalan sampah yang ada di Pulang Pisau, Dinas Lingkungan Hidup membuat beberapa strategi penanganan sampah baik dalam jangka pendek, menengah dan panjang untuk menuju Pulang Pisau bersih  raih adipura.

Belum tuntas menyoal permasalahan sampah sisa rumah tangga yang dilakukan pembuangannya di lokasi – lokasi TPS wilayah kota Pulang Pisau menyisakan persoalan panjang dan berliku.

Pulang pisau hingga saat ini dikawasan kota belum memiliki lokasi TPS yang representatif sehingga beberapa lokasi justru menjadi penyebab terjadinya persoalan sampah dan tata kelola berkelanjutan.

Hendri Arroyo selaku kepala Dinas Lingkungan Hidup Pulang Pisau menyampaikan bahwa pemerintah daerah akan terus melakukan evaluasi seiring dengan lokasi – lokasi pembuangan sampah di wilayah kota Pulang Pisau yang kerap menjadi polemik berkepanjangan.

“ Persoalan smpah dikawasan kota ini selalu kita evaluasi untuk penanganannya, jadi kita telah membuat beberapa pola baik dengan bekerjasama dan juga melakukan penataan pengaturan pola pengendalian sampah. Tentu ini memang memakan waktu namun saya yakin dengan kesadaran semua pihak maka persoalan sampah dapat kita tangani bersama,” ucap Hendri.

Selaku dinas yang menangani pesoalan lingkungan disampaikan bahwa untuk menangani sampah pihaknya telah membuat beberapa strategi pengelolaan sampah baik jangka pendek, menengah dan panjang.

“ Kita juga telah merencanakan untuk membuat TPS berbahan dasar beton tentu ini adalah langkah kami agar Pulang Pisau dapat terlihat lebih rapi dalam pengelolaan sampah termasuk juga dalam hal ini melakukan sinergi dengan berbagai pihak.” Sebut Hendri.

Untuk persoalan jangka pendek pihaknya akan melakukan pola jemput bola disamping juga tetap mengajak seluruh lapisn masyarakat agar kembali meningkatkan kesadaran diri cara membuang sampah yang tepat.

Kedepan kata Hendri akan membuat TPS yang refresentatif agar loksi TPS diwilayah kota tak selalu menjadi polemik yang membuat sampah dilokasi tps berserakan dengan cara dilakukan pembangunan TPS berbahan beton.*.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!