oleh

Dinsos Pulpis usulkan 4.268 KK penerima BLT Provinsi Kalteng

SKNews – Pulang Pisau : Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau mengusulkan sebanyak 4.268 kepala keluarga (KK) sebagai calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) dari Provinsi Kalteng yang telah di-lounching Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, Jumat 22 Mei 2020 kemarin di Palangka Raya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau, Eknamensi Tawun mengatakan, sebanyak 4.268 KK itu merupakan usulan dari kabupaten Pulang Pisau kepada provinsi Kalteng untuk mendapatkan BLT sebesar 500.000,- yang disalurkan melalui Bank Kalteng yang tersebar di 14 kabupaten/kota se-Kalteng.

“Iya, angka itu baru usulan, kita belum tahu berapa jumlah KK yang dikabulkan untuk menerima BLT Provinsi Kalteng, harapan kita ya dikabulkan semua,” tukas Tawun kepada media ini, Sabtu (23/5) di Pulang Pisau.

Pendataan 4.268 KK yang diusulkan tersebut bersumber dari survey data yang dilakukan oleh perangkat desa di wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang terdiri dari 8 kecamatan. “Verifikasi datanya dari pihak desa, kita hanya menampung dan mengusulkannya saja,” ujarnya lagi.

Disinggung soal apakah tidak terjadi tumpang tindih data warga penerima bantuan sosial lainnya, seperti BST, PKH, dan BLT dana desa, Tawun mengaku tidak dapat memastikan. “Bisa saja itu terjadi, tetapi kita berharap masyarakat sadar dan jujur jika sudah terdata sebagai penerima bantuan sosial tertentu, supaya warga terdampak lainnya juga bisa merasakan bantuan pemerintah ini,” tandas Tawun.

Dia menjelaskan bahwa BLT dari Provinsi Kalteng ini sebesar Rp.500 ribu per KK bersifat insidentil. “Hanya sekali saja, tidak selama 3 bulan seperti BST Kemensos yang disalurkan melalui Kantor Pos, kalau BLT Provinsi Kalteng ini sifatnya insidentil yang disalurkan melalui Bank Kalteng Cabang Pulang Pisau,” ungkapnya.

Namun, Tawun juga belum dapat memastikan kapan BLT ini akan disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau. “Mudah-mudahan hari Senin pekan depan data dan dananya sudah masuk ke Bank Kalteng, sehingga bisa dicairkan untuk membantu warga terdampak pandemi,” paparnya.

Sebagaimana disampaikan Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran saat menggelar video conferense (Vicon) bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Provinsi Kalteng, pagi Jumat 22 Mei 2020 kemarin di aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, menyebutkan, Provinsi Kalimantan Tengah telah menggelontorkan sedikitnya Rp.90.373.500 Milyar dari kas APBD Provinsi Kalteng untuk bantuan langsung tunai (BLT) kepada 180.747 kepala keluarga (KK) se-provinsi Kalteng. asri/red

Komentar

SK News Update