Dewan Minta Percepat Penyerapan Anggaran

  • Bagikan
Anggota DPRD Seruyan, Bejo Riyanto saat mengikuti rapat bersama mitra kerja di aula serba guna DPRD. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Legislator meminta pemerintah daerah (pemda) Seruyan dapat segera melakukan penyerapan anggaran tahun 2023 ini, mengingat realisasi anggaran tahun 2022 lalu masih sangat rendah dan menempatkan seruyan di urutan ke-13, dari seluruh kabupaten kota di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Bejo Riyanto menyampaikan, jalannya roda pemerintahan saat ini sudah cukup baik, namun ada beberapa sektor yang perlu ditingkatkan. Salah satunya terkait realisasi anggaran pada seluruh satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) yang  perlu ditingkatkan.

“Tahun 2022 lalu realisasi anggaran masih rendah dan ada beberapa sektor yang penyerapan anggarannya terhambat, tentu ditahun ini harus ada evaluasi untuk menjadi lebih baik lagi,” katanya, Kamis, (2/3/2023).

Berdasarkan data realisasi penyerapan anggaran tahun anggaran 2022, Seruyan berada di urutan ke-13 se Kalimantan Tengah. Untuk itu, perlu sinergitas yang baik antar SOPD dalam melakukan penyerapan anggaran, sehingga bisa lebih maksimal dan Seruyan bisa naik keperingkat yang lebih baik.

“Banyak kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan dan berdampak pada rendahnya realisasi anggaran,  untuk itu pada awal tahun 2023 agar pemda harus segera melakukan lelang kegiatan, terutama pekerjaan yang memerlukan waktu panjang,” ujarnya.

Diharapkan, buruknya peringkat capaian penyerapan anggaran ini bisa menjadi pelajaran semua, dan harus dapat belajar dari kesalahan ini untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!