Desa Tumbang Kasai Layak Dibangunkan PLTMH

  • Bagikan
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Atinita saat mengikuti kegiatan rapat paripurna bersama pihak eksekutif. Foto: Said.

SKNews, Seruyan – Guna memenuhi pasokan listrik khususnya di Desa Tumbang Kasai Kecamatan Seruyan Hulu, Pemerintah Daerah (Pemkab) Kabupaten Seruyan didorong untuk membangunkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di desa setempat.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Atinita mengatakan, berdasarkan kunjungan reses yang dilakukan pihaknya di desa tersebut, masyarakat setempat mengusulkan adanya bantuan untuk pembangunan PLTMH. Hal tersebut dikarenakan hingga saat ini masyarakat belum juga merasakan kemerdekaan penerangan melalui jaringan listrik.

“Kami cukup prihatin dengan masyarakat di sana, karena hingga saat ini mereka belum merasakan adanya kemerdekaan penerangan melalui jaringan listrik. Sehingga sulit untuk melakukan aktivitas yang menggunakan aliran listrik terutama pada malam hari,” katanya, Jum’at, (15/3/2022).

Pembangunan PLTMH dinilai sangat tepat dan bermanfaat sebagai solusi untuk mengatasi tidak adanya jaringan listrik di Desa Tumbang Kasai. Secara geografis desa tersebut memiliki aliran sungai yang cukup deras sehingga sangat memungkinkan jika dibangunkan tenaga listrik dengan memanfaatkan aliran sungai itu.

Diharapnya, pemerintah melalui dinas terkait bisa merealisasikan permintaan warga desa setempat, guna membantu aktivitas warga terutama untuk energi listrik penerangan di malam hari. “Minimal dengan adanya PLTMH dapat membantu penerangan di desa itu, terlebih untuk memudahkan aktivitas masyarakat di malam hari,” tutupnya. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!