oleh

Dampak Covid 19, 3 Event Provinsi dan Nasional Resmi Dibatalkan

SKNews – PULANG PISAU :  Sedikitnya 2 event di tingkat provinsi Kalteng tahun ini resmi dibatalkan sebagai dampak meluasnya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah provinsi Kalteng dalam beberapa bulan ini.

Dua event itu antara lain MTQ Tingkat Provinsi Kalteng di Buntok Barsel, dan Festifal Anak Saleh Indonesia (FASI) Tingkat Provinsi Kalteng di Sampit Kotim dan FASI tingkat Nasional tahun 2020 di Palangka Raya, Kalteng.

Melalui surat No.450/29/I-V/KESRA/2020, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri atas nama Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran melayangkan surat kepada Bupati/Walikota se Kalimantan Tengah perihal pelaksanaan MTQ ke XXX tingkat provinsi Kalteng tahun 2020.

Dalam surat tertanggal 6 Mei 2020 tersebut dijelaskan mengenai pembatalan pelaksanaan MTQ tingkat provinsi di Buntok yang seyogyanya digelar 24-29 Maret itu dengan pertimbangan memperhatikan penyebaran wabah Covid 19 yang semakin meningkat.

Sehubungan itu, dan berdasarkan hasil rapat pengurus LPTQ provinsi Kalteng sehari sebelum surat dilayangkan menyatakan membatallkan seluruh kegiatan MTQ tersebut dan dana yang dianggarkan untuk mengikuti event itu dipersilakan untuk dialihkan guna penanganan Covid-19 sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Demikian pula pelaksanaan FASI ke XI tingkat provinsi Kalteng yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2020 di kota Sampit Kotim itu juga terpaksa dibatalkan.

Dalam surat resmi LPPTKA BKPRMI Provinsi Kalteng No. 032-A/LPPTKA-BKPRMI/26/V/2020 dengan perihal pemberitahuan FASI ke XI Tahun 2020 tersebut disampaikan pemberitahuan pembatalan kegiatan ini merujuk kepada surat Bupati Kotim No.400/0599/KESRA/V/2020 tanggal 6 April 2020 serta surat dari Sekda Provinsi Kalteng No.450/31/I-V/KESRA/2020 tertanggal 8 Mei 2020 tentang pelaksanaan FASI ke XI Tingkat Nasional Tahun 2020.

Berdasarkan surat tersebut, dengan alasan pertimbangan penanganan wabah Covid-19 yang membutuhkan anggaran dana cukup besar, maka pelaksanaan FASI tingkat Provinsi Kalteng di Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2020 dan FASI tingkat Nasional tahun 2020 yang menurut rencana tuan rumahnya provinsi Kalteng dibatalkan.

Ketua LPTQ Kabupaten Pulang Pisau, Edy Purwanto Casmani kepada media ini mengatakan, pihaknya legawa dengan keputusan pembatalan pelaksanaan MTQ di Buntok tersebut. “Meskipun sebenarnya kita sudah sangat siap dan sudah melaksanakan pelepasan kalfilah pada pagi hari, tetapi pada sore harinya kami menerima surat pembatalan kegiatan,” ujarnya menyayangkan.

Namun kendati demikian, lanjutnya, LPTQ tetap akan melakukan pembinaan kepada kafilah yang sudah siap diberangkatkan. “Pembinaan tetap dilakukan nantinya, dan kita sangat maklum akibat wabah Covid-19 ini tentu kebijakan pembatalan sudah sangat tepat,” tukasnya.

Ketua BKPRMI Kabupaten Pulang Pisau, Nasrullah juga mengatakan hal serupa, pihaknya menyatakan sudah siap mengikuti kegiatan FASI di Kotim, namun rupanya keadaan tak sesuai harapan. “Tapi intinya kita tetap bersyukur semua pasti ada hikmah dibaliknya, dan kita tetap senantiasa berdoa semoga wabah Covid-19 di daerah kita pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya akan segera berlalu dengan izin Allah SWT, ” tutupnya. asri/red

Komentar

SK News Update