Agustiar Saksikan Peresmian Huma Betang Bandar

  • Bagikan
Agustiar Sabran dan rombongan saat memsuki area rumah betang Bandar didampingi pj. Bupati Pulang Pisau dengan prosesi potong pantan. Foto : Perdi SK News

SKNEWS, PULANG PISAU – Rumah betang Pulang Pisau merupakan target perencanaan pembangunan simbol warga suku dayak Kalimantan yang dirintis sejak tahun 2018 dan baru selesai pada 2023.

Dalam peresmiannya langsung dihadiri oleh Ketua Dewan Adat Dayak ( DAD ) Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran dengan menggunting pita tepat dipintu masuk rumah betang Bandar tersebut.

Prosesi peresmian rumah betang diawali penyambutan ketua DAD dan rombongan menggunakan adat dayak mulai potong pantan, tampung tawar serta lawang skepeng.

Penandatangan plakat peresmian rumah betang oleh penjabat bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani juga bersamaan dengan potong pita menandai perdana masuk bangunan rumah betang oleh Agustiar Sabran.

Sebagai ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran sangat mengapresiasi langkah pemerintah daerah untuk mewujudkan keberadaan rumah betang ini sangat penting untuk kedepan sebagai langkah sinergi kebersamaan yang dibingkai dalam memaknai sebuah arti huma betang.

“ Saya sangat bangga atas langkah pemerintah daerah yang sudah menyelesaikan tahapan pembangunan rumah bagi warga Dayak dalam simbul kebersamaan ini, tentu sebagaimana arahan dan keinginan pemerintah bahwa rumah ini akan menjadi pusat pendidikan dan pengembangan kebudayaa di Pulang Pisau,” Ucap Agustiar.

Kegiatan peresmian rumah betang bandar juga dirangkai dengan sejumlah agenda penting mulai dari pelantikan damang banama tingang hingga musda dewan adat dayak dengan memilih pimpinan baru yang dipercayakan kepada Toni Harisinta melanjutkan pimpinan sebelumnya Edwin Mandala.*.*

  • Bagikan

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!