2 Periode era Ganjar Pranowo untuk bidang Pendidikan

  • Bagikan
2 Periode era Ganjar Pranowo untuk bidang Pendidikan.Foto : Aditya

SKNews, SEMARANG – Pendidikan ujung tombak kemajuan SDM masyarakat, Ganjar Pranowo yang juga calon presiden RI melanjutkan era Joko Widodo telah melahirkan berbagai program revolusioner di bidang pendidikan selama dua periode memimpin Jawa Tengah.

Gagasan Ganjar Pranowo mengagas berbagai inovasi dan kebijakan dikakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang terjangkau bagi seluruh masyarakat.

Kata Ganjar bahwa pendidikan merupakan ujung tombak yang akan membawa Indonesia menjadi negara adidaya. Ganjar meyakini, pendidikan merupakan solusi mewujudkan sumber daya manusia yang unggul demi mengentaskan kemiskinan.

Catatan terpenting dari sederet prestasi dan inovasi yang diinisiasi Ganjar Pranowo diantaranya mendirikan Sekolah Boarding Gratis SMKN Jateng
Ganjar menginisasi pendirian sekolah asrama (boarding) yang diberi nama SMKN Jateng, pada 2014. Kini sudah ada 3 SMKN Jateng yang sudah berjalan, yang pertama berlokasi di Kota Semarang, yang kedua di Kabupaten Pati dan yang ketiga di Kabupaten Purbalingga.

SMKN Jateng adalah sekolah gratis untuk anak- anak dari keluarga miskin. Para calon peserta didik harus berasal dari keluarga miskin yang terdaftar pemerintah.

Menariknya, anak-anak dari keluarga miskin yang belajar di SMKN Jateng tidak hanya mendapatkan pendidikan dan fasilitas gratis tetapi juga difasilitasi agar segera terserap dunia kerja.

Kemudian Ganjar juga sukses membangun 15 SMKN gratis Semi Boarding
Untuk menjangkau lebih banyak anak-anak keluarga miskin, Ganjar juga menggagas konsep sekolah semi-boarding di 15 SMKN tersebar di Jateng. Konsepnya hampir sama dengan SMKN Jateng, yang membedakan di SMKN semi boarding, hanya sebagian siswa dan siswi yang tinggal di asrama.

Program lain adalah memperrluas Akses Pendidikan Melalui Sekolah Virtual
Ganjar juga berupaya memperluas akses pendidikan di Jateng melalui sekolah virtual gratis bagi lulusan SMP. Rintisan kelas virtual telah diluncurkan Ganjar pada 13 Oktober 2020 lalu, di SMAN 1 Kemusuk Boyolali dan SMAN 3 Brebes.

Membangun Sekolah Negeri di Daerah Blank Spot Gubernur berambut putih ini juga memastikan seluruh masyarakat di daerah remote area atau blank spot di Jawa Tengah mendapatkan pendidikan yang layak untuk membangun sekolah negeri. Tiga sekolah di kawasan blank spot tersebut yaitu di SMAN Tawangmangu, SMKN Lumbir, serta SMKN Pagentan.

Disamping itu SPP Gratis juga menjadi program SPP gratis bagi siswa SMA/SMK/SLB negeri di Jawa Tengah diberlakukan mulai Januari 2020. Siswa yang terlanjur membayar SPP hingga Juni 2020 berhak mendapatkan pengembalian dari sekolah.

Mencanangkan Program Sekolah Tanpa Sekat Dengan Konsep sekolah tanpa sekat ini merupakan program yang dicantumkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk memberikan kesempatan secara luas kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan pendidikan.

Tanpa sekat yang dimaksud adalah tidak ada batasan pembiayaan, pendanaan, status sosial, dan ekonomi. Termasuk gender dan disabilitas. Semuanya mendapat kesempatan dan hak yang sama untuk memperoleh pendidikan.

Tambahan Penghasilan bagi GTT dan PTT
Pada era kepemimpinan Ganjar, Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) juga mendapatkan tambahan penghasilan. Bila sebelumnya rata-rata penghasilan mereka Rp300 ribu per bulan, Pemprov Jateng menyesuaikannya dengan rata-rata nilai UMK yang diberi tambahan sesuai jenjang pendidikan hingga sekitar 10 persen.

Target capaian lain adalah pemberian Insentif Bagi Guru Agama Non Formal
Kesejahteraan guru agama non formal di Jateng juga mendapatkan perhatian dari Ganjar. Ganjar mengucurkan anggaran Rp277 miliar untuk insentif para guru agama non formal sebanyak 230.830 penerima pada 2023.

Jumlah tersebut meningkat signifikan dibanding pada 2022, di mana Pemprov Jateng mengucurkan anggaran sebesar Rp254 miliar untuk sebanyak 211.455 penerima.

Dari program insentif ini, setiap guru mendapatkan Rp1,2 juta per tahun. Insentif diberikan untuk guru keagamaan non formal dari lima agama yakni Islam, Kri*.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!