Ujung Perjalanan Musrenbang Tingkat Kecamatan

  • Bagikan
Akhir Perjalanan Musrenbang tingkat kecamatan di Kahayan Kuala, Kebersamaan menjadi sebuah makna silaturahmi membangun Pulang Pisau. Foto : Aditya SK News

SKNEWS, PULANG PISAU – Musyawarah perencanaan pembangunan ditingkat kecamatan dimulai dari Kahayan Hilir dan berakhir di Kahayan Kuala, sederet catatan penting bahwa kemampuan realisasi anggoran untuk membangun daerah sangat bergantung dari ketersediaan anggaran serta sejauh mana skala prioritas yang dipertimbangkan serta waktu merealisasikan untuk membangun sebuah usulan program.

Penjabat bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani menyebut bahwa anggaran yang diperlukan untuk merealisasikan usulan tidak tergantung waktu dan mata anggaran namun pertimbangan lain akan dibahas pada musrenbang tingkat kabupaten baik mengenai sistem pelaksaan, jenis mata anggaran serta tahun anggaran yang diperlukan.

” Kita sudah melaksanakan musrenbang di 8 kecamatan, tentu semua usulan akan masuk menjadi cacatan tim kerja, sementara untuk pelaksanaanya ada yang sudah mulai di tahun 2024 ini dan 2025 mendatang sebagai bahan perencanaan pembangunan berkelanjutan ditambah jenis mata anggaran yang digunakan bisa dari dana desa, kabupaten, provinsi dan pusat tentu semuanya akan ada pembahasan khusus tim nantinya,” sebut Nunu dalam kesempatan musrenbang di Kahayan Kuala.

Ketua DPRD Pulang Pisau, H. Ahmad Rifai saat menyampaikan paparan program untuk membangun desa di acara musrenbang kecamatan kahayan Kuala. Foto : Aditya Sk News

Musrenbang tidak saja menjadi ajang penyampaian usulan program kerja namun Musrenbang juga menjadi ajang temu silaturahmi pejabat daerah hingga desa, terlebih banyak lokasi yang dijadikan bahan menginap para pejabat pemerintah daerah Pulang Pisau, tentu yang dibahas tidak lain adalah singkronisasi serta kerjasama antar pihak untuk sebuah pemerataan pembangunan terencana.

Bapperida Pulang Pisau, melalui kepala BAPPERIDA, Bakhzar Effendi setiap menutup agenda musrenbang berpesan bahwa pertemuan yang dilakukan disetiap kecamatan tidak lain adalah dalam rangka menyatukan visi dalam membangun daerah dengan ketersesuaian antara program dan target RJPMD berjalan.

Menurutnya bahwa yang paling penting adalah keseriusan dalam membangun serta menjaga asset daerah yang sudah terbangun, menjaganya serta menggunakan dengan bijak agar ditengah keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintahd daerah terus dapat berjalan kedepan secara terus menerus hingga kemajuan daerah benar-benar mewujudkan masyarakat Pulang Pisau yang maju, berkeadilan dan sejahtera yang muaranya adalah eksejahteraan bersama.

” Kita sudah menutup rangkaian agenda musrenbang, mari kita cermati, kawal usulan serta menjaga aset yang sudah dibangun agar realisasi pembangunan terus berjalan kedepan untuk mencaopai tujuan bersama yakni membangun daerah yang maju, berkeadilan dan sejehtera, kunci pokoknya adalah ketersediaan serta fasilitasi kebutuhan masyarakat secara umum,” sebut Bahkzar.

Musrenbang menajdi ajang pertemuan seluruh pejabat daerah hingga desa dari setiap kunjungan akan ada hal besar yang terencana yakni mewujudkan pembangunan daerah dari tahun ke tahun sehingga harapannya hasil musrenbang adalah hasil kesepakatan bersama untuk mewujudkan visi misi daerah. *.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!