Serapan Sektor PBB Perlu Dioptimalkan

  • Bagikan
Anggota DPRD Seruyan, Arahman saat duduk di ruang kerjanya. Foto: Said Seruyan.

SKNews, Seruyan – Guna mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, mendorong pemerintah daerah (pemda) setempat, untuk lebih mengoptimalkan penyerapan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Anggota DPRD Seruyan, Arahman mengatakan, saat ini penyerapan dari sektor PPB sangat penting untuk dioptimalkan, mengingat masih ada target PAD yang harus dicapai dan lebih dimaksimalkan lagi. Jika berkaca dari tahun-tahun sebelumnya masih banyak sumber potensi pajak yang tidak dimaksimalkan, sehingga berdampak tidak tercapainya PAD yang telah ditetapkan.

“Guna memaksimalkan dan sebagai salah satu penyumbang PAD, Kami mendorong pemda agar serapan pada PPB dioptimalkan,” katanya, Rabu, (6/4/2022).

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan karena sesuai dengan laporan keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) beberapa waktu lalu, ada temuan salah satunya masih rendahnya capaian PAD, akibat penyerapan PBB yang masih tidak maksimal. Sehingga perlu adanya upaya dari pihak pemda setempat terutama instansi terkait untuk mengoptimalkannya.

Diharapkan, ke depannya perlu upaya dari pemerintah agar lebih giat dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya membayar pajak dengan melibatkan unsur perangkat daerah, mulai dari tingkat desa sampai dengan kabupaten. Mengingat  dengan tertibnya masyarakat bayar pajak ke daerah akan mampu mendongkrak  dan meningkatkan PAD. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!