Sejarah Baru, Presiden Satukan Tanah dan Air di Titik Nol IKN

  • Bagikan
Prosesi Penyatuan Tanah dan Air oleh Presdien RI, Joko Widodo dari seluruh Gubernur se-Indonesia di Panajam lokasi IKN. Foto : Protokol Pemprov.

SKNEWS, advertorial – Secara khusus hari ini Indonesia memasuki sejarah baru, Presiden RI Joko Widodo secara khusus hadir di titik nol dengan agenda prosesi penyatuan tanah dan air yang berasal dari seluruh Provinsi di Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai lokasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Kegiatan presiden sebagaimana telah ditentukan sebagai lokasi ibukota Negara yakni di daerah penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur dan tepat pada Senin, ( 14/3/2022 ) presiden menyatukan tanah dan air se Indonesia disaksikan juga oleh gubernur atau yang mewakili dari seluruh provinsi di Indoensia.

Sementara itu untuk Kalimantan Tengah hadir dalam kegiatan tersebut Mewakili Gubernur dan masyarakat Kalimantan Tengah adalah Wakil Gubernur H Edy Pratowo dengan menyerahkan tanah dan air atau Petak Danum kepada Presiden Joko Widodo tepat  Pukul 10.24 WITA,  yang selanjutnya dituang dan disatukan dengan tanah dan air dari seluruh Provinsi di Indonesia dalam bejana Nusantara di Titik Nol Ibu IKN Nusantara.

“ Hari ini saya mewakili bapak Gubernur Kalteng untuk hadir langsung mengemban amanah masyarakat Kalimantan Tengah dan secara khusus mendapat perintah Gubernur menyerahkan langsung Petak Danum dari Kalimantan Tengah yang diambil dari sumber petak danum utama di 13 Kabupaten dan 1 Kota di Bumi Tambun Bungai,” Ucap Edy Pratowo seperti dilansir oleh humasprotokol pemprov. Kalteng kepada SK NEWS.

Hari ini sebut Edy merupakan momen sejarah penting bagi bangsa Indonesia dan Kalimantan Tengah sebagaimana hari ini adalah prosesi dari dinamika perjalanan panjang bangsa untuk mewujudkan ibukota baru dilokasi bumi Kalimantan.

“ Ini adalah peristiwa langka dan sakral dimana pada titik nol kita hadir langsung menyaksikan penyatuan tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia sebagai simbul penyatuan seluruh elemen masyarakat pada babak baru menuju Indonesia baru,” ucapnya.

Prosesi penyerahan tanah dan air dilakukan oleh 34 Gubernur kepada Presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara disatukan ke dalam kendi Nusantara oleh Presiden Jokowi. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!