oleh

RSUD Pulpis Tangani Pasien Positif Covid 19 hingga Sembuh

-Advetorial-658 views

SKNews – Pulang Pisau : Kabar gembira sekaligus kabar duka disampaikan tim gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau. Satu pasien yang dirawat di RSUD Pulang Pisau akhirnya dinyatakan sembuh, namun kesembuhan satu pasien ini diiringi dengan penambahan kasus positif sebanyak 4 orang.

Juru bicara GTPP Covid-19 Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo menyampaikan hal itu dalam rapat analisa dan evaluasi (Anev) di posko tanggap darurat, Minggu (14/6/2020) kemarin.

“Kita punya kabar gembira, sekaligus prihatin, sebab hari ini ada satu pasien sembuh namun ada pula pasien yang ditetapkan positif Covid-19, 3 orang tersebut merupakan OTG dan PDP yang meningkat statusnya menjadi positif,’ terang Muliyanto.

Tiga orang terkonfirmasi positif tersebut berasal dari Kecamatan Kahayan Hilir yakni 2 orang dari Kelurahan Pulang Pisau, dan 1 orang dari Desa Anjir Pulang Pisau.

“Kita swab 2 kali, hasilnya positif, yang 2 orang merupakan OTG sebelumnya dan diketahui ada hubungan keluarga dengan pasien positif 10 di Pulang Pisau, dan 1 orang lagi asal Desa Anjir merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang meningkat statusnya menjadi positif,” ucap Muliyanto

Sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan intensif kurang lebih 40 hari di RSUD Pulang Pisau. “Kita apresiasi upaya yang dilakukan RSUD Pulang Pisau, perawatan yang seharusnya 56 hari, dalam waktu 40 hari pasien sudah dinyatakan sembuh, ini patut dibanggakan,” kata dia.

Pasien sembuh itu merupakan pasien positif asal Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau yang berprofesi sebagai pedagang di wilayah kota Pulang Pisau.

Padahal, lanjut Mul, pasien tersebut memiliki Comorbid atau penyakit bawaan yakni kencing manis yang diketahui dapat memperparah kondisi seseorang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun karena mau dirawat di RSUD maka pasien tersebut akhirnya dinyatakan sembuh.

Salah seorang warga yang berada dilingkungan tempat tinggal mantan pasien positif tersebut mengatakan, ia dan warga lainnya sangat senang, dan menyambut baik kehadiran pasien tersebut kembali di tengah-tengah masyarakat.

“Kami senang, dan kami menerima beliau dengan senang hati, semoga pasien yang lain juga mengalami hal serupa, sembuh dan bisa kembali berkumpul bersama keluarga,” kata warga yang enggan disebutkan namanya tersebut. asri/red

Komentar

SK News Update