oleh

Pulpis Masuk Zona Orange, Edy Ajak Masyarakat Tetap Waspada

-Advetorial-799 views

SKNews – Pulang Pisau : Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengajak masyarakat Kabupaten Pulang Pisau untuk tetap waspada meskipun secara umum Kabupaten Pulang Pisau kini memasuki zona orange atau zona pertengahan.

Hal ini dikemukakan Edy Pratowo yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pulang Pisau ketika dikonfirmasi sejumlah media usai menggelar rapat lengkap tim GTPP Covid-19 Pulang Pisau yang melibatkan sejumlah ormas keagamaan dan seluruh SOPD terkait, Kamis (16/7/2020) kemarin di aula Bappedalitbang setempat.

Dikatakan Edy, pandemi Covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau saat ini belum ada tanda-tanda akan berakhir. Pasien Covid-19 terus bertambah di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau. Dipastikan, kecamatan ini belum bisa memasuki New Normal.

Edy bahkan kembali menekankan agar sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan oleh gugus tugas kembali digalakkan. “Kita harus tetap waspada, semangat jangan kendor, sosialiasi dan edukasi harus tetap dilakukan meskipun kita saat ini sudah memasuki zona pertengahan atau zona orange,” kata Edy didampingi juru bicara GTPP Covid-19 Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo.

Terkait transisi New Normal di Kabupaten Pulang Pisau, Edy mengatakan saat ini transisi New Normal baru dilakukan di Kecamatan Sebangau Kuala sejak beberapa pekan lalu. Transisi akan bergeser ke kecamatan lain jika kecamatan itu berada di zona hijau dan relatif aman dari penyebaran Covid-19 berdasarkan evaluasi tim gugus tugas.

“Namun untuk Kecamatan Kahayan Hilir yang tingkat penyebarannya tinggi kemungkinan untuk sementara ini belum bisa diterapkan New Normal,” kata Edy diamini dr Muliyanto.

Dalam kesempatan itu Edy mengajak tim gugus tugas kembali kompak melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah yang tinggi tingkat penyebarannya.

“Penyemprotan disenfektan di tempat-tempat umum akan kembali kita intensifkan, sosialisasi dan edukasi kepatuhan terhadap protokol kesehatan juga harus tetap dilakukan, jaga kesehatan tubuh kita, menggunakan masker, sering cuci tangan, jaga jarak, dan hindari kerumunan adalah upaya kita untuk memutus mata rantai Covid-19 khususnya di daerah kita ini,” tutup Edy.

Sementara data terbaru gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 Pulang Pisau per Jumat (17/7/2020) menyebutkan, jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau kini mencapai 33 orang, dengan rincian, 16 sembuh, 2 meninggal dunia, sedangkan Pasien dalam perawatan 15 orang, RSUD Pulang Pisau 9 orang, RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya 6 orang.

Penambahan 4 orang positif ini merupakan jumlah kumulatif dalam 2 hari ini. Satu orang dinyatakan positif pada Kamis (16/7/2020) kemarin, dan 3 orang dinyatakan positif hari ini Jumat (17/7/2020). Satu orang sebelumnya adalah warga asal Desa petuk Liti, Kecamatan Kahayan Tengah, dan 3 orang lainnya merupakan warga asal Kecamatan Kahayan Hilir yakni 1 warga Kelurahan Pulang Pisau, 1 warga Desa Anjir Pulang Pisau, dan 1 warga Kelurahan Bereng.

Juru bicara GTPP Covid-19 Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo mengatakan, salah seorang pasien positif kemarin awalnya dirawat di RS Bhayangkara Palangka Raya, yang merupakan pasien dalam pengawasan (PDP). Setelah dikonfirmasi positif, pasien ini segera dipindahkan ke RSUD Doris Syilvanus untuk menjalani perawatan dari tim penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng.

Sedangkan 3 orang lainnya merupakan hasil tracing dari pasien positif yang meninggal sebelumnya di lingkungan kerja dan tempat tinggalnya. Muliyanto menyebut hasil tracing pasien meninggal mencapai 9 orang positif.

“Ini mengindikasikan pola penularan transmisi lokal, pengakuan salah satu pasien terkonfirmasi positif memang ada kontak erat dengan pasien positif yang meninggal, saat bersin dropletnya menyembur mengenai bagian tubuh pasien yang tertular,” kata Muliyanto, Jumat (17/7/2020).

Meningkatnya jumlah positif otomatis juga meningkatkan jumlah kasus orang tanpa gejala (OTG). Hari ini kasus OTG juga bertambah 21 orang asal Kec. Kahayan Hilir (Anjir Pulang Pisau 1 orang , Mentaren I 1 orang, Kel. Pulang Pisau 9 orang, Bereng 9 orang, Kalawa 1 orang). OTG Selesai Pemantauan hari ini 25 orang asal Kec. Kahayan Hilir 10 orang (Bereng 3 orang, Kel. Pulang Pisau 9 orang), Kec. Jabiren Raya (Jabiren 13 orang) sehingga total OTG 49 orang. asri/red

Komentar

SK News Update