PID Munculkan Banyak Kisah Sukses dari Desa

oleh -184 views

SK News ( PULPIS ) : Hari ini Selasa ( 24/6) Sebanyak 4 Kecamatan menyelenggarakan program inovasi Desa Cluster 1 yakni Kecamatan Maliku, Pandih Batu, Kahayan Kuala dan Sebangau Kuala dengan mengambil lokasi di Halaman Kantor Kecamatan Maliku dengan tujuan menyelaraskan visi misi bupati dan wakil bupati terpilih periode 2018 – 2023 ke arah yang lebih baik.

PID – Program Inovasi Desa seperti tertuang dalam Keputusan Menteri Desa No 83 Tahun 2017 tentang Pedoman Umum Program Inovasi Desa memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas penggunaan Dana Desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat Desa.

Dalam jangka menengah, upaya ini diharapkan mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan serta membangun kapasitas Desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat dan kemandirian Desa, sesuai dengan arah dan kebijakan dan sasaran Kementerian Desa PDTT pada RPJMN 2015-2019.

“ Saya berharap kepada semua desa agar lebih fokus pada pengembangan ekonomi lokal dan kewira usahaan, pengembangan SDM serta Insfrastruktur desa agar memberikan stimulus munculnya berbagai inovasi antar desa guna memaksimalkan penggunaan dana desa,” ucap Bupati dalam sambutan di hadapan para camat dan kepala desa dari4 kecamatan tersebut.

Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo disetiap kesempatan selalu menekankan bahwa desa agar benar – benar menyerap aspirasi masyarakat desa untuk mengangkat potensi desa yang nantinya menjadi produk unggulan dengan nilai akhir ada bermunculan kisah sukses dari berbagai desa.

Sementara itu Fahyuni salah satu kades asal Bahaur menyambut baik dengan adanya program Inovasi Desa sehingga program ini mampu mendorong desanya untuk memunculkan program unggulan di tahun 2020 nanti baik bidang usaha maupun insfrastruktur desa,” Saya sangat menyambut baik dan Insyalaah tahun 2020 desa kami aka ada penajaman produk unggulan setelah rapat pertemuan ditingkat desa,” ucapnya singkat kepada media ini. LM./red

Catatan Redaksi / admin

Gambar Gravatar
Setiap wartawan yang bekerja untuk kami, selalu kami bekali dengan Kartu PERS SKNews PULPIS, Harap hati - hati bila ada tugas peliputan yang mengatas namakan media ini. Silahkan hubungi kami segera apabila saudara di rugikan. Redaksi whatsApp 24 jam online : 0811 50 4141 Terimakasih