Peran Penyuluh Maksimalkan Hasil Panen Petani

Wawancara bersama penyuluh pertanian desa Tahai Jaya Pulang Pisau terkait dengan pola pembinana petani dan segala permaslaahan guna mendukung program ketahanan pangan nasional. Foto : Aditya SK News
SKNEWS, PULANG PISAU – Pemerintah daerah melalui dinas pertanian terus berharap peran penyuluh dapat lebih maksimal untuk sukseskan program ketahanan pangan nasional dan salah satu upayanya adalah melalui penyuluh pertanian.

Desa Tahai Jaya salah satunya desa memiliki luasan lahan pertanian pada angka 490 hektar lahan dengan 622 petani dimana setiap desa ditangani oleh 1 orang penyuluh sehingga konsep mendasar yang harus dilakukan adalah memaksimalkan peran penyuluh pertanian.

Permasalah pokok petani adalah ancaman hama tikus, burung dan bibit serta ketersediaan pupuk sedangkan tak sedikit setiap petani mengalami ragam persoalan yang berbeda.

Peran pemerintah untuk melakukan intervensi adalah memaksimalkan peran penyuluh untuk aktif melakukan pembinaan petani agar target capaian program ketahanan pangan nasional tak mengalamai kendala dilapangan.

Kartika, salah seorang penyuluh pertanian desa Tahai Jaya menyebut bahwa dirinya terus berupaya membuat berbagai laporan berkala dan berjenjang untuk setiap permasalahan petani dalam peningkatan olah lahan.

“ Ada beberapa hal yang kita lakukan terhadap peran kami sebagai tim penyuluh, apapaun permasalahan petani kita lakukan laporan berjenjang, tentu harapan kita setiap permaslahan dilapangan dapat memberikan solusi dalam rangka terus memaksimalklan SDM Pertani itu sendiri, harapan kita tentu saana prasarana kami dilapangan dapat terpenuhi agar kinerja kami lebih mudah,” ucap kartika.

Dengan pola tersebut diharapkan petani akan mampu secara mandiri mengikuti program peningkatan kualitas petani dilahan pertanian sukseskan program nasional food estate.*.*

Penulis: Aditya Editor: Yusnan / TIM

Respon (57)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!