oleh

Menuju Semangat Baru untuk 19 Tahun Pulang Pisau

SK News, PULANG PISAU – Tanggal 2 Juli 2021 Kabupaten Pulang Pisau Memasuki Usia ke – 19, capaian dan kinerja daerah ini di ukur sejauh mana masyarakat dapat berperan aktif untuk berusaha dan menikmati berbagai fasilitas yang dimiliki, dalam tayangan Advetorial ini SK NEWS menggali lebih jauh bagaimana Pulang Pisau berkiprah di berbagai bidang.

Kabupaten Pulang Pisau adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan TengahIbu kota kabupaten ini terletak di Pulang Pisau. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 8.997 km² dan berpenduduk sebanyak 120.062 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010). Semboyan kabupaten ini adalah “Handep Hapakat“.

Kabupaten Pulang Pisau mempunyai wilayah seluas 8.997 km2 atau 899.700 ha (5.85% dari luas Kalimantan Tengah sebesar 153.564 km2) dimana Pulang Pisau merupakan wilayah yang berbatasan dengan sebelah utara gunung mas, selatan laut jawa, timur Kapuas dan barat katingan serta palangkaraya.

 Kabupaten Pulang Pisau pada umumnya termasuk daerah beriklim tropis dan lembap. Temperatur berkisar antara 26,5 – 27,5 derajat Celcius dengan suhu udara rata-rata maksimum mencapai 32,5 derajat Celcius dan suhu udara rata-rata minimum 22,9 derajat Celcius. Kelembapan nisbi udara relatif tinggi dengan rata-rata tahunan di atas 80%.

Sebagai daerah yang beriklim tropis, wilayah Kabupaten Pulang Pisau rata-rata mendapat penyinaran matahari di atas 50%.

Di Usia yang ke 19  di tahun 2021 ini Pulang Pisau telah berganti beberapa masa kepemimpinan yakni pada tahun 2002 pulang pisau memiliki penjabat bupati Drs. Andris P. Nandjan dilanjutkan oleh bupati Pulang Pisau H. Achmad Amur hingga 2008 berpasangan dengan Darius Yansen Dupa, sedangkan pada Periode ke dua H. Achmad Amur berpasangan dengan H. Edy Pratowo memiliki masa jabaran hingga 2013. Era Kepemimponan H. Achmad Amur yang sudah 2 periode kedua di lanjutkan oleh H. Edy Pratowo berpasangan dengan Pudjiruastaty Narang dan berakhir masa jabatan tahun 2018 kemudian dilanjut lagi period eke duanya namun pada perjalanan waktu H. Edy Pratowo melanjutkan mengabdi di Provinsi Kalimantan Tengah mendampingi H. Sugianto Sabran.

Di Masa Transisi 2021 tentu Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang bakal bekerja sendirian hingga dirinya dilantik dan ditetapkan sebagai bupati Pulang Pisau melanjutkan kepemimpinan hingga 2024 nanti.

Di usia ke 19 tahun tentu Pulang Pisau sudah banyak berbenah, hal tersebut sebagaimana digagas dalam visi misi sebuah pemekaran daerah agar lebih focus untuk memajukan Pulang Pisau.

Banyak Hal yang sudah di torehkan, walaupun Pulang Pisau merupakan daerah pemekaran namun berbagai prestasi kerap diperoleh. Hal ini tidak terlepas dari sebuah tantangan mewujudkan Pulang Pisau Emas.

Ya…. Kini usia 19 tahun belumlah sepadan kemajuannya jika disbanding dengan daerah lain yang sudah ratusan tahun namun lagi – lagi Pulang Pisau harus terus bangkit sejajarkan kemajuan dengan daerah lain, Sumber daya alam, potensi daerah semakin dipacu digali dan di angkat dengan sumber daya manusia yang semakin handal dan inilah yang dapat dirasakan hingga usia 19 tahun. Sebuah Dermaga Pelabuhan laut antar pulau mampu diwujudkan dan di barengi dengan pembangunan sarana dan prasarana lainnya yang kesemuanya untuk melakukan perubahan besar akan kemajuan Bumi Handep hapakat yang semakin komplek tantangan yang harus dilalui.

Tahun 2021, dimana pulang Pisau yang sedang giat – giatnya membangun harus relah dengan datangnya pandemic covid-19, berbagai programpun harus mengalami beberapa perubahan RJPMD dengan poin dasar penanganan dampak pandemic covid-19.

Masyarakat pun mengalami dampak ekonomi dan perubahan perilaku akibat pandemic covid-19, berbagai macam upaya dilakukan dalam pengendalian penyebarannya dan usia 19 tahun ini pemerintah masih di sibukkan dengan upaya penanganan covid-19 di tengah dunia pemndidikan Kembali mau di bangkitkan dengan sekolah tatap muka.

Lalu bagaimana dengan realisasi pelaksanaan program di sejumlah instnasi, berikut kutipan dan wawancara serta tanggapan mereka tentang realisasi pembangunan daerah di usia 19 tahun ini.

Penulis : Suratman SK News Bahan dari berbagai Sumber

Wartawan Suara Kahayan NEWS selalu dibekali dengan Kartu PERS serta terdaftar di box Redaksi. admin

Gambar Gravatar
Jika ada pihak yang merasa dirugikan, silahkan hubungi redaksi kami di WhatsApp 0811 504141

Komentar

SK News Update