Maknai Hari Pendidikan untuk Mutu Siswa

  • Bagikan
Program panen merdeka belajar dari lokakarya ke 7 angkatan 9 tahun 2024 di Pulang Pisau. Foto : Sk News

SKNEWS, PULANG PISAU – Memaknai hari pendidikan nasional tahun 2024, guru dituntut untuk lebih kreatif ciptakan inovasi dalam implementasi kurikulum sekolah merdeka, salah satunya adalah dengan menggerakkan sektor prestasi menyesuaikan bidang bakat dan minat siswa.

Gerakan baru untuk terus kampanyekan kurikulum sekolah merdeka menjadi hal penting untuk siswa berkembang sesuai bidang dan minat namun tidak mengurangi tujuan target capaian kurikulum merdeka belajar guru juga dituntut untuk lebih kreatif terhadap perkembangan siswa itu sendiri.

Kepala dinas pendidikan Pulang Pisau, Putri Pratiwi menyebut bahwa minat dan bakat siswa sangat beragam sehingga ruang terbuka untuk tumbuh dan berkembangnya anak juga sangat penting diimbangi dengan kompetensi para pengajar agar semakin ber-inovasi.

Dicontohnkan Putri Pratiwi bahwa panen siswa belajar juga menjadi bagian penting untuk terus dikembangkan melihat dari hasil karya panen belajar selain menciptakan kedekatan guru dan siswa juga akan melahirkan karya kreatif inovasi produk lokal.

Menurutnya belajar tidak harus terpaku pada bangku pelajaran namun bakat dan minat siswa juga wajib terakumudir agar bakat siswa juga tergambar dari kreatifitas siswa.

” Guru dituntut untuk menyesuaikan kurikulum namun terlepas dari hal tersebut capaian yang harus digerrakan adalah memberikan ruang luas untuk siswa berkreasi sesuai bidang dan bakat, siswa utu tak sama minat dan bakatnya sehingga ruang terbesar adalah memberikan bekal kepada mereka untuk menjadi kreatif namun target percepatan sekolah merdeka juga harus dikejar termasuk kompetesni guru harus terus ditingkatkan,” sebut Putri.

Putri juga menyebut bahwa panen siswa belajar sudah terlihat kreatifitas yang beragam dan hal tersebut tercermin dari karya panen belajar siswa dengan penciptaan produk inovasi karya alama dari hasil bumi kalimantan tengah dengan ragam inovasi hasil prouknya.*.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!