Eksistensi Ragam Budaya Tari Asal Bali Juga Ada Di Maliku

  • Bagikan
SK News PULANG PISAU – Inilah bentuk ragam budaya dan adat yang ditunjukkan oleh kelompok sanggar tari bali di wilayah maliku Pulang Pisau, kelompok ini hadir di tengah keberagaman budaya yang tumbuh berkembang di kabupaten Pulang Pisau.

Tarian bali ini hadir pada upacara – upacara adat serta peribadatan bagi ummat hindu di indonesia namun tarian Bali yang satu ini tumbuh dan berkembang eksis di wilayah minoritas warga bali yang ada di Pulang Pisau tepatnya di desa garantung kecamatan maliku.

Ni Ketut Yunitasari selaku pelatih dan penari di sanggar tarian bali ini mengatakan bahwa tari bali ini sejak lama berdiri dan secara rutin hadir di setiap kegiatan peribadatan serta kerab tampil juga di acara pentas seni di wilayahnya.

“ Bahwa tarian bali sejak lama berdiri dan secara rutin hadir di setiap kegiatan peribadatan serta kerab tampil juga di acara pentas seni di wilwyah,” Ungkap Ni ketut

Tidak sulit menemukan kelompok tari bali ini sebab di wilayahnya warga transmigrasi asal bali tidaklah banyak sehingga sanggar ini selalu berupaya memberikan ragam budaya untuk tetap eksis mempertahankan budaya, adat dan seni tari bali walaupun kehadirannya masih sangat minim peralatan

Dalam penampilan yang disuguhkan di hadapan dinas kebudayaan dan pariwisata Pulang Pisau tari dan sanggar ini terlihat sangat sederhana yakni hanya dengan menggunakan iringan musik rekaman sehingga diharapkan kedepan dinas terkait juga memberikan daya dorong untuk eksistensi kebudayaan bali di Pulang Pisau. ( my/red )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!