oleh

Dukung Ketahanan Pangan Nasional, PUPR Bangun Ruas Jalan 39 km

SKNews – Pulang Pisau : Untuk menunjang program ketahanan pangan Nasional di Kabupaten Pulang Pisau, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pulang Pisau tahun 2020 ini akan meningkatkan ruas jalan Tahai – Gadabung sepanjang 39 kilometer.

Ruas jalan tersebut merupakan jalan yang menghubungkan dua kecamatan yakni Maliku dan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau.

Saat ini kondisi ruas jalan Tahai- Gadabung sudah beraspal mencapai 29 kilometer. Sedangkan badan jalan berupa agregat sepanjang 10 kilometer.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pulang Pisau, Usis I Sangkai mengatakan, telah disiapkan alokasi anggaran sebesar Rp.25 Milyar hingga Rp.30 Milyar tahun anggaran 2020 untuk peningkatan sisa ruas jalan tersebut.

“Sebenarnya setiap tahun kita anggarkan perbaikan ruas jalan tersebut dengan total sepanjang 39 kilometer. Yang beraspal sudah mencapai 29 kilometer, dan yang agregat sepanjang 10 kilemeter, nah sisa ruas jalan agregat ini yang akan kami tingkatkan lagi di tahun 2020 ini,” ujar Usis saat dikonfirmasi, Minggu (21/6/2020) via seluler.

Menurut Usis, peningkatan ruas jalan tersebut dapat dijadikan sarana dan prasarana pendukung program pusat ketahanan pangan Nasional dan pengembangan kawasan Food Estate yang dicanangkan pemerintah pusat di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

“Jalan yang kita tangani itu, mulai STI (perbatasan) menuju Tahai, dari Tahai sampai ke Desa Gadabung,” kata dia.

Selain mendukung program Food Estate, lanjut Usis, penanganan jalan itu juga upaya Pemkab Pulang Pisau untuk mempermudah akses masyarakat di daerah yang dicanangkan sebagai pusat ketahanan pangan Nasional.

Kemudian, tambah Usis, selain penanganan ruas jalan, pihaknya juga akan membangun jembatan penghubung antar desa di wilayah itu.

Untuk pembangunan jembatan ini memerlukan dana yang cukup besar sehingga pihaknya akan mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk penanganannya.

“Sedikitnya ada lima jembatan yang kondisinya cukup memprihatinkan. Tapi hal itu sudah kita koordinasikan dengan pihak pusat, semoga saja cepat direalisasikan,” tukasnya.

Ditambahkannya, Pemkab Pulang Pisau, melalui DPUPR juga akan merealisasikan penanganan jalan poros Sebangau Kuala pada tahun anggaran 2020 ini. (Asri/red )

Komentar

SK News Update