oleh

Dana Desa untuk Tangani Masyarakat Terdampak

PULANG PISAU – SK NEWS : Guna mengantisipasi penanganan dan penanggulangan Covid 19 di Indoesia Kementerian Desa memberlakukan ketentuan penggunaan Dana Desa ( DD ) untuk dialokasikan dalam penanganan covid 19 berupa BLTD ( Bantuan Langsung Tunai Desa ) pun demikian termasuk di Pulang Pisau.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( DPMD ) Hj. Deni Widarnani mengatakan bahwa besaran pemotongan alokasi dana desa yang digunakan pada covid 19 bervariasi yakni antara 25 sampai 35 persen dengan nilai setiap desa sebesar 10.807.000 rupiah.

“ Anggaran desa di Pulang Pisau yang secara keseluruhan mencapai 94 Milyard lebih dan terkait penanganan Covid 19 terhadap bantuan ke masyarakat diberlakukan pemotongan alokasi Dana Desa pada kisaran 1 Milyard dan setiap desa sebesar 10.807.000 rupiah namun bantuan yang diberikan secara teknis ada ketentuan yang diberlakukan sehingga disinilah masyarakat harus memahami tujuan utama dalam penyaluran dana desa ini,” kata Deni, Rabu, 29/4/2020.

Menurutnya setiap persenya sangat bervariasi semisal pemotongan 25 persen diberlakukan kepada desa yang hanya mendapatkan alokasi DD sebesar 800 juta kebawah sedangkan bagi desa yang lebih besar maka pemotongan mencapai 25 persen hingga 35 persen.

Dengan pemotongan tersebut Deni berharap Desa dapat mengelola dengan bijak agar tidak menimbulkan masalah baru didesa pasca covid 19 yang saat ini pemerintah bersama masyarakat sedang giatnya melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran coronavirus.

Dana Desa tidak saja satu – satunya sumber dalam penyaluran bantuan kepada masyarakat namun bantuan lain juga diberikan seperti Dinas Sosial dengan BST ( Bantuan Sosial Tunai ) dan Kementerian Tenaga Kerja dengan Kartu Pra kerjanya sehingga diharapkan pihak desa lebih selektif dalam melakukan pendataan serta masyarakat juga harus memahami secara utuh. ( sr/red ).

Komentar

SK News Update