Indeks

PBS Diminta Bina Masyarakat

  • Bagikan
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Seruyan, Bejo Riyanto, saat meninjau salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit. Foto: Said Seruyan.

SKNews, Seruyan – Sebagai upaya timbal balik dari keberadaan Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang bergerak di wilayah Kabupaten Seruyan, PBS diminta dapat memberikan pembinaan terhadap warga sekitar.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Bejo Riyanto mengatakan, sudah menjadi suatu kewajiban dari pihak perusahaan untuk melakukan pembinaan terhadap masyarakat. Di mana hal tersebut merupakan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap warga sekitarnya.

“Sudah kewajiban perusahaan untuk membina dan mengayomi masyarakat yang ada di sekitar, terutama warga binaan diwilayahnya,” katanya.

Ditambahkannya, melakukan pembinaan sudah seharusnya dilakukan sebagai langkah nyata untuk berpartisipasi aktif dalam membangun dan memajukan daereh, terutama di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).

“Ini sebagai bentuk timbal balik kepada masyarakat sekitar, jangan hanya mengambil keuntungan dari pemanfaatan lahan, hasil alam, dan hal lainnya,” tegasnya.

Menurutnya, ada banyak hal dalam program pembinaan yang dapat diberikan oleh pihak PBS, misalnya memberikan pelatihan-pelatihan yang mengarah pada peningkatan SDM masyarakat lokal. Mulai dari pelatihan atau keterampilan membuat kerajinan, membina atau mengembangkan usaha masyarakat sekitar, dan semacamnya yang bisa memacu perekonomian.

“Kami harapkan kedepannya pihak perusahaan bisa lebih peduli lagi untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya. *.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!
Exit mobile version