Indeks

Petani Dapil III Perlu Bibit Kopi Jenis Arabika

  • Bagikan
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Seruyan, Atinita, saat berada di ruang rapat paripurna. Foto: Said Seruyan.

SKNews, Seruyan – Petani di Daerah Pemilihan (Dapil) III memerlukan bantuan bibit kopi jenis arabika dari pemerintah daerah (pemda) Kabupaten Seruyan melalui instansi terkaitnya, hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk memaksimalkan hasil produksinya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD),  Seruyan Atinita mengatakan, petani kopi di Dapil III yang meliputi Kecamatan Batu Ampar, Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, dan Suling Tambun, masih mengalami kendala utama yakni kurangnya bibit.

“Petani di Dapil III sangat mengharapkan adanya bantuan bibit kopi jenis arabika, karena cara penanaman lebih mudah dan kualitasnya juga lebih unggul dari bibit yang lainnya,” katanya.

Menurutnya, jenis kopi arabika memang sangat diminati para petani, karena sangat potensial untuk dikembangkan di daerah tersebut, mulai dari cara penanamannya yang mudah, jenis kopi ini juga memiliki kualitas unggulan yang baik. Terlebih biji kopinya yang besar jika dibandingkan jenis kopi lainnya seperti robusta.

“Ini lah alasan masyarakat menginginkan adanya bibit kopi arabika, selain itu para pengepul-pengepul kopi juga sering membeli jenis kopi arabika,” jelasnya.

Selain itu, para petani juga mengharapkan adanya bimbingan teknis dari pemerintah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam bertani kopi. Mengingat sektor pertanian dan perkebunan merupakan mayoritas pekerjaan masyarakat di Dapil III. *.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!
Exit mobile version