Indeks

Sinergi dan Strategi Peningkatan Hasil Pertanian

Kadis Pertanian, Godfritson saat dibincangi wartawan diskusi terkait kondisi lokasi ketahanan pangan nasional ditahun 2023 serta terobosan program pertanian menuju SDM Unggul.
SKNEWS, PULANG PISAU – Memasuki tahun ke 3 ditetapkannya Pulang Pisau sebagai lokasi ketahanan pangan nasional diharapkan petani semakin maksimal meningkatkan hasil panen dilahan food estate.

Di tahun 2023 ini pemerintah daerah Pulang Pisau terus menata serta memberikan fasilitas daya dukung peningkatan petani dalam rangka memaksimalkan hasil panen, dimulai dari peran penyuluh SDM petani terus dilakukan upaya perbaikan sarana prasarana yang digunakan.

Sebagaimana telah ditetapkan Pulang Pisau sebagai daerah lokasi ketahanan pangan nasional maka melalui dinas pertanian setempat juga menjadi target inovasi untuk meningkatkan program kemajuan bidang pertanian.

SDM menjadi hal terpenting untuk mendorong kemajuan bidang pertanian, dimulai dari peran penyuluh hingga kelompok tani yang ada diwilayah food estate untuk meningkatkan kemampuan dalam mengolah lahan mereka.

Kepala dinas pertanian Pulang Pisau, Godfritson saat dibincangi menyampaikan bahwa pihaknya berupaya keras meningkatkan sdm petani dengan sinergi bersama jajaran bidang penyuluh sehingga melalui tangan mereka pertanian dilokasi food estate akan terus meningkat.

“ Dinas Pertanian akan terus berupaya mendorong SDM pertanian meningkat sehingga ini sangat diperlukan dari seluruh jajaran bidang pertanian agar secara maksimal melakukan pendampingan seperti halnya banyak fasilitas yang kita berikan tentu tak lain tujuannya adalah memberikan daya dorong kepada petani agar mendapatkan hasil panen melimpah sehingga target capaian ketahanan pangan nasional akan dapat dicapai depannya,” ucap Godfritson.

Dengan sinergi yang baik antara pemerintah, penyuluh pertanian, opd terkait serta petani maka diharapkan target program pertanian akan lebih maksimal capaiannya dan ini menjadi tujuan penting bahwa daerah Pulang Pisau akan terwujud sebagai daerah penopang ketahanan pangan dunia.

Januari ini para petani memasuki musim tanam, tentu memilih jenis padi juga menjadi bagian penting untuk menuju perbaikan hasil serta pendampingan bidang penyuluh juga penting dilakukan.

Pemerintah juga akan terus membuat berbagai upaya meningkatkan hasil seperti halnya melakukan inovasi demplot dan lainnya juga dilakukan dalam upaya mencari solusi peningkatan hasil pertanian*.* 

error: Content is protected !!
Exit mobile version