Indeks

Dispursip Seruyan Luncurkan Aplikasi E-perpus dan Srikandi

  • Bagikan
Pj Sekda Seruyan, dr Bahrun Abbas, didampingi Kadispursip Muliadie, dan unsur FKPD, ketika meluncurkan aplikasi E-perpus dan Srikandi. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Guna memberikan kemudahan dalam mengakses ratusan koleksi buku di perpusatakaan daerah dan mengelola arsip daerah secara digital, Dinas Perpusatakaan Dan Kearsipan (Dispursip) Seruyan luncurkan aplikasi e-perpus dan srikandi.

E-perpus adalah aplikasi peminjaman buku secara digital atau e-book yang berisi ratusan koleksi. Pemustaka dapat dengan dengan mudah mengunduh, menginstal, dan meregistrasi untuk menggunakannya sebagai anggota baik melalui android maupun dekstop.

“Hal ini dilakukan guna mengoptimalisasi layanan perpustakaan daerah yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di era digitalisasi,” kata Kadispursip, Muliadie, Kamis, (2/11/23).

Dijelaskannya, saat ini sudah mulai diperlukan suatu layanan informasi yang dapat diakses secara digital atau online, yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan ke perpustakaan daerah.

“Terutama menjangkau wilayah yang sulit akses informasinya melalui layanan perpustakaan digital, tentu akan sangat terbantu dengan inovasi yang kami lakukan ini,” ungkapnya.

Selain itu, sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan, kegiatan ini memiliki arti yang sangat penting dan strategis, terkait penyelenggaraan dan pengelolaan sebuah arsip dinamis yang baik dan benar.

“Kami juga meluncurkan aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi atau srikandi, hal ini guna memudahkan satuan perangkat daerah dalam menyimpan arsip penting secara digital,” jelasnya.

Ditambahkannya, hal ini berdasarkan amanat Presiden nomor 95 tahun 2018, adanya aplikasi srikandi setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik, sehingga dapat menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa.

Sementara itu, Pj Sekda setempat, dr Bahrun Abbas menyampaikan, pemerintah daerah (pemda) menyambut baik diluncurkannya 2 aplikasi ini, semoga dapat terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, dan pelayanan publik menjadi lebih berkualitas serta terpercaya. *.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!
Exit mobile version