Indeks

Angkutan Sungai Harus Perhatikan Keselamatan

  • Bagikan
Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo.

SKNews, Seruyan – Masih eksisnya penggunaan transportasi sungai bagi masyarakat yang berada di daerah aliran sungai (DAS) atau wilayah yang tidak terjangkau lewat jalur darat, seluruh pengusaha angkutan sungai diminta agar memperhatikan keselamatan penumpang.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mengatakan, sudah menjadi suatu kewajiban seluruh angkutan sungai memperhatikan keselamatan penumpang. Salah satunya dengan menyediakan peralatan keselamatan pelampung dan lainnya.

“Sesuai dengan pantauan kami dilapangan tranportasi longboat yang sering digunakan untuk mudik, disana masih jarang disediakan pelampung untuk keselamatan penumpangnya,” katanya.

Menurutnya, dari segi kualitas dan kuantitas longboat juga harus diperhatikan, di mana pemilik atau pengusaha yang bersangkutan bisa memperhatikan kondisi atau keadaan angkutannya, bahkan juga harus mempertimbangkan beban kapasitas penumpangnya.

“Penting juga kami minta kondisi perahu harus normal, dan penumpang harus disesuaikan dengan beban longboat, karena keselamatan itu lebih utama,” tegasnya.

Diharapkan, instansi terkait juga harus ikut berpartisipasi untuk melakukan pemantauan dan rutin mensosialisasikan tentang keselamatan berlalu lintas di sungai, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. *.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!
Exit mobile version