Indeks

Kenapa Garantung menjadi Desa Moderasi Toleran ?

  • Bagikan
Saat dibunyikan alat rebana atas penetapan Desa Garantung sebagai Kampung Moderasi Keberagaman oleh Bupati Pulang Pisau. Foto : Aditya SK News

SKNEWS, PULANG PISAU – Masyarakat desa Garantung harus berbangga hati, desa diwilayah Maliku ini ditetapkan sebagai kampung moderasi oleh kementerian agama Pulang Pisau.

 Penetapan desa Garantung sebagai kampung moderasi ditandai oleh panabuhan alat rebana oleh jajaran forkomimda Pulang Pisau termasuk hadir bupati yang juga langsung menjadi saksi atas penetapan desa tersebut.

Kampung moderasi ditetapkan berdasarkan kondisi wilayah yang memiliki ragam tolerasi dalam menganut agama masyarakatnya namun dapat mencerminkan kehidupan toleransi yang tinggi.

Ditetapkan desa Garantung menjadi kampung moderasi tercermin rumah ibadah yang ada didesa tersebut memiliki ragam agama dengan saling berdekatan sarana ibadah dari 4 agama yang dianut didesa tersebut.

Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang dalam sambutannya merasa bangga kepada desa Garantung yang sangat menjunjung tinggi toleransi beragama hidup rukun berdampingan bahkan rumah Ibadahnya pun didirikan secara berdampingan.

“ Hari ini saya melihat langsung penobatan desa Garantung sebagai desa Moderasi keberagaman, tentu ini adalah salah satu contoh desa yang harus terus memberikan contoh bahwa di Pulang Pisau desa ini memiliki sikap toleransi tinggi antara warga  dan terlihat rumah ibadah saja dibangun berdampingan, ini hal yang harus dipupuk untuk menjadi bagian desa percontohan atas hidup rukun dengan sikap toleran yang tinggi,” ucap Bupati dihadapan warga Garantung.

Bupati juga berharap kondisi tersebut akan terus terjaga dengan baik dalam rangka menjadi bagian menjaga situasi kondusif ditengah tengah ragam budaya, suku dan agama serta ragam aktifitas masyarakat desa Garantung.*.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!
Exit mobile version