Indeks

Kembangkan Sektor Wisata di Wilayah Desa

SK NEWS, KAHAYAN TENGAH – Pemerintah daerah membuka diri agar desa dapat mengembangkan sendiri potensi desa yang ada diwilayahnya, dimaksudkan desa akan memperoleh pendapatan asli desa dari sektor wisata yang dikelola secara mandiri.

Seperti halnya di desa Bukit Liti kecamatan Kahayan Tengah ,desa ini mengembangkan wisata lokal berbasis edukasi pendidikan hal ini diwujudkan agar lokasi ini kedepannya dapat dijadikan wahana belajar bagi siswa dalam memperoleh pemahaman tentang pendidikan diluar kelas.

Saat dikunjungi tim percepatan pengembangan bidang pariwisata dinas kebudayaan dan pariwisata setempat desa ini diberikan daya dorong untuk mewujudkan hal tersebut sebab bidang pariwisata sangat global yang menyesuaikan keinginan masyarakat itu sendiri.

Kepada kepala desa, kadis budpar Pulang Pisau, Bakhzar Efendi mengatakan bahwa pada dasarnya pemerintah mendorong percepatan bidang pariwisata namun juga wajib diterjemaah di desa agar benar – benar dilakukan pengkajian lebih jauh dengan melibatkan semua unsur yang ada didesa tersebut.

“ Pemerintah Daerah telah membuka kesempatan untuk desa mengembangkan sector pariwisata loka, maka manfaatkan untuk pengembangan kedepan agar sector ini dapat memberikan nilai plus untuk desa – desa di wilayah Pulang Pisau,” kata Bakhzar.

Di desa bukit liti di bawah kepemimpinan Heri Tuah desa ini mengawali pengembangan sektor wisata dengan membangun wisata edukasi dengan menyesuaikan diri dengan adat dan budaya setempat dan lokasi ini menawarkan wahana permainan anak, spot – spot edukasi serta rumah betang sebagai lokasi untuk memasarkan hasil kerajinan dari desa bukit liti itu sendiri./ad/red///

 

error: Content is protected !!
Exit mobile version