Indeks

Kahayan Tengah Menyimpan Sejuta Situs Budaya

Damang Kahayan Tengah, Hadian saat beada di lokasi situs budaya. Foto : Fahmi SK News
SK News, PULANG PISAU – Pulang Pisau memiliki sejuta situs budaya yang tersebar di wilayah kecamatan se kabupaten Pulang Pisau, ini menjadikan setiap wilayah menyimpan cerita tersendiri seperti halnya situs budaya yang ada di kecamatan kahayan tengah.

Di kecamatan ini terdapat sandung Temanggung Lawak Surapati yang sebelum pandemi lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan baik lokal dan manca negara namun kini lokasi ini sepi pengunjung.

Damang adat kecamatan kahayan tengah, Hadrian menuturkan bahwa sandung ini merupakan sandung mantan damang pada waktu ini dengan keturunan yang kini menyebar di beberapa daerah.

“ Sandung ini merupakan sandung mantan damang pada waktu ini dengan keturunan yang kini menyebarkan di beberapa daerah,” Ungkap Hadrian.

Saat berkunjung ke lokasi ini wisatawan selalu mendapat informasi tentang sejarah yang terkandung di dalam setiap situs budaya sehingga bagi wisatawan yang mengunjungi wilayah Pulang Pisau tentu akan banyak mendapatkan cerita tentang peristiwa dan perjuangan setiap situs yang di kunjungi dengan harapan apa yang menjadi cerita dapat memberikan pengetahuan bagi mereka yang datang tentang kalimantan tengah pada zamannya. *.*

error: Content is protected !!
Exit mobile version