Indeks

Masyarakat Kantan Dalam 85 Persen Tekuni Perkebunan Sawit

Novian yang juga salah seoroang ketua gabungan kelompok tani saat memberikan keterangan tentang petani desa kantan dalam. Foto : Aditya SKNews.
SK News, Pulang Pisau – Wilayah kecamatan pandih batu memiliki luasan lahan yang mayoritas digunakan warga untuk pengembangan kebun sawit, desa kantan dalam satu diantaranya 85 persen masyarakatnya konsentrasi dibidang perkebunan kelapa sawit .

Berkunjung ke wilayah pandih batu khususnya desa kantan dalam hampir rata-rata terlihat aktifitas masyarakat berada di perkebunan sawit perseorangan, ini menjadikan 85 persen warga masyarakat masuk di zona perkebunan dan sisanya berada dibidang peternakan.

Walaupun sempat mengalami keterpurukan akibat harga buah segar sawit anjlok namun seiring berjalannya waktu kini harga mulai mengalami kenaikan dan warga kembali bergairah untuk menekuni pekerjaan sebagai petani sawit.

Novian yang juga salah seoroang ketua gabungan kelompok tani menegaskan bahwa masyarakat desa kantan dalam sudah banyak yang beralih ke petani sawit sebab betapa menjanjikan menekuni bidang perkebunan kelapa sawit .

” Sebanyak 85% Masyarakat desa kantan dalam saat ini banyak beralih ke perkebunan sawit karena hasilnya cukup menjanjikan, serta kami akan selalu berkoordinasi dengan melakukan pertemuan  dan sosialisasi kepada sesama petani yang ada di desa kantan dalam. ” Ucap Novian.

Setiap saat Novian membuat pertemuan rutin antara petani sawit dengan membuat penerapan berbagai pola pengembangan serta mencari solusi atas kendala yang dihadapi petani untuk pengembangan lahan sawitnya.

Dijelaskan Novian bahwa kendala terbesar yang dihadapi petani adalah kurang lancarnya distribusi pupuk serta kendala lainnya terkait harga dan kenyamanan dalam penjualan sehingga kedepan pemerintah daerah juga akan hadir untuk mengatasi permasalahan pupuk.

error: Content is protected !!
Exit mobile version