Indeks

Camat Harapkan Kades Kelola Desa untuk Kemajuan Daerah

Banyak hal yang bisa dilakukan kepala desa, salah satunya adalah menciptakan berbagai inovasi peluang desa wisata dan pendukung kemajuannya. Foto : Geryawan SKNews.

SKNEWS, Banama Tingang – Kepala desa diharapkan mampu menjalankan fungsi otonomi dalam pengelolaan desa sehingga sejumlah program diharapkan dapat memberikan gambaran desa untuk maju dan berkembang mensejahterakan masyarakatnya.

Disetiap pertemuan kehadiran pemerintah daerah mulai ditingkat kabupaten hingga kecamatan hadir memberikan suport kepada desa agar semaksimal mungkin melakukan berbagai langkah inovasi desa untuk membuat desa menjadi maju.

Dalam pertemuan antar desa diwilayah kecamatan Banama Tingang, Ngeok T. Arsad banyak menyampaikan berbagai gagasan agar desa mampu secara otonomi membangun desa bersama masyarakat, hal tersebut menjadi perhatian seluruh kepala desa dan perangkatnya untuk melakukan langkah inovasi desa.

Menurut camat bahwa desa memiliki kewenangan penuh membangun desa, namun demikian yang terpenting adalah bagaimana kepala desa mampu menggerakkan seluruh elemen pendukungnya serta melakukan singkronisasi program kerja dalam membangun desa.

Banyak hal yang bisa dilakukan kepala desa, salah satunya adalah menciptakan berbagai inovasi peluang desa wisata dan pendukung kemajuannya.

“ Desa itu mempunyai kewenangan penuh untuk bisa membangun desanya bersama masyarakat, manfaatkan peluang dan daya dukung kekayaan alam yang ada didalamnya mulai pertanian, wisata dan potensi apapun dikembangkan, pemerintah tentu akan memberikan daya dorong melalui ndana desa dan anggaran yang bisa diusulkan dalam musdes,” Ucap Camat.

Desa Hanua merupakan desa yang masih belum dapat memberikan kemajuan desa dan salah satu yang harus dipacu adalah dengan cara memaksimalkan potensi terkecil di dalam desa itu sendiri agar bisa berkembang secara maksimal..

error: Content is protected !!
Exit mobile version