Indeks

Menengok Produksi Kopi Lokal

Kehadiran wakil rakyat daerah saat ke lokasi pengolahan kopi juga memberikan daya dorong petani semakin semangat untuk lebih mengembangkan usaha. Foto : Aditya SKNEWS.

SKNEWS, PULANG PISAU – Digandeng oleh salah satu organisasi kemitraan, petani kopi pangkuh kembali bergairah untuk produksi dan pasarkan hasil kopi lokal pangkuh.

Petani kopi di wilayah Kecamatan Pandih Batu hampir tak ada lagi yang melakukan pengembangan sehingga keberadaan petani kopi hampir musnah dan langka serta berpindah jenis tanaman lain yang bernilai ekonomi.

Dari beberapa orang petani yang masih tersisa kini mencoba untuk memanfaatkan hasil yang ada guna dikemas sendiri dalam bentuk bubuk kopi siap edar dan perlahan namun pasti hasil kopi milik petani bisa terserap pasar.

Kini pengembangan usaha kopi milik warga desa gandang barat telah diperkuat dengan hadirnya bantuan kemitraan sehingga petani bisa membuat hasil lebih maksimal dengan pelatihan yang diberikan serta bantuan peralatan didapat.

Kehadiran wakil rakyat daerah saat ke lokasi pengolahan kopi juga memberikan daya dorong petani semakin semangat untuk lebih mengembangkan usaha dengan cara diberikan alokasi lahan baru untuk pengembangan area tanam bibit kopi.

error: Content is protected !!
Exit mobile version