Indeks

wujudkan Anak Berkualitas untuk Indonesia Cerdas

  • Bagikan
Rapat koordinasi hasil pelaksanaan penilaian kla tahun 2023 dan persiapan penilaian kla tahun 2024 Di kabupaten pulang pisau Selasa, 19 maret 2024. Foto : Istimewa SK News

SKNEWS, PULANG PISAU – Kebijakan Kabupaten Layak Anak, hanya bisa dilaksanakan apabila ada Komitmen dan Kemauan dari pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, untuk mendengar dan mengetahui kebutuhan anak sesuai dengan situasi, kondisi dan permasalahan anak terkait pendidikan dan kesehatan, hak sipil dan partisipasi anak, anak yang menjadi korban tindak kekerasan, bahkan anak yang berhadapan dengan hukum.

Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati Pulang Pisau, Hj. Nunu Andriani saat membuka kegiatan rapat koordinasi hasil pelaksanaan penilaian KLA tahun 2023 dan persiapan penilaian kla tahun 2024 di kabupaten Pulang Pisau, Selasa,  ( 19 / 3 / 2024  ) diaula Bapperida Pulang Pisau.

Ungkap Nunu jika berbicara masalah anak, maka anak adalah amanah sekaligus karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang senantiasa harus dijaga, karena dalam dirinya melekat harkat, martabat dan hak-hak sebagai manusia, yang harus dijunjung tinggi oleh semua pihak.

Sementara dari sisi kehidupan berbangsa dan bernegara, anak adalah masa depan bangsa, penentu kualitas sumber daya manusia Indonesia, yang akan menjadi pilar utama pembangunan nasional, perlu ditingkatkan kualitasnya, sehingga Negara berkewajiban memenuhi hak setiap anak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang, berpartisipasi, terlindungi dari tindak kekerasan dan diskriminasi.

” Saya berharap, kepada seluruh perangkat daerah dan stake holder terkait agar dapat kiranya melaksanakan beberapa tugas, antara lain, mengkoordinasikan penyusunan rencana aksi daerah Kabupaten Layak Anak, meliputi  24 indikator yang terbagi dalam 5 klaster. Klaster I hak sipil dan kebebasan, klaster II lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, klaster III kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster IV pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, klaster V perlindungan khusus. Serta desa layak anak dan kecamatan layak anak,” Sebut Nunu dalam Sambutannya.

Diharapkan tahun 2024 Kabupaten Layak Anak Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dapat ditingkatkan lagi, dari peringkat Madya naik menjadi Nindya atau bahkan Utama, untuk itu diharapkan agar diperkuat dengan kerjasama, sinergitas dan kolaborasi dalam mewujudkan Kabupaten Pulang Pisau Layak Anak yang lebih baik lagi kedepannya.*.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!
Exit mobile version