Antisipasi dini, Tim Gugus Segera Ajukan Alat Rapid Tes

  • Bagikan

SK NEWS – PULANG PISAU : Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr. Muliyanto Budihardjo, M.Hlth.Sc. mengatakan guna memenuhi kebutuhan tim medis dalam penanganan covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau, pihaknya akan segera mengadakan alat rapid tes.

Alat rapid tes yang diadakan harus sesuai dengan rekomendasi pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI dan BNPB, yaitu rapid diagnostic test yang berbasis antibodi covid-19.

“Harus berkualitas, seperti alat rapid tes yang telah kita gunakan selama ini, tingkat akurasinya cukup tinggi,” ujar dr. Mul dalam rapat analisa dan evaluasi (anev) di Posko Covid-19 Pulpis, Sabtu (16/05/2020).

Alat rapid tes tersebut digunakan sebagai kelengkapan tracking kepada orang yang ada gejala mengarah covid-19, dan orang yang beresiko terpapar covid-19 yang  ada kontak erat dengan kasus terkonfirmasi positif covid maupun baru datang dari wilayah yang terpapar covid-19.

Dikatakan dr. Mul, alat rapid tes juga akan digunakan untuk deteksi dini tim gugus, termasuk tenaga kesehatan, dan tim pos lapangan, dari kemungkinanan terpapar Covid-19 selama bertugas, dan nanti setiap kecamatan juga akan disiapkan untuk rapid tes.

“Pengadaan alat rapid tes ini sudah saya laporkan kepada ketua tim gugus, disetujui, dan diminta bapak bupati agar alat rapid tes ini juga disediakan untuk masyarakat,” tukasnya. ( dy/red )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!