PDP Naik Lagi, Terbanyak Asal Kahayan Hilir

  • Bagikan

SKNews – Pulang Pisau : Trend jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Pulang Pisau dalam kurun waktu 1 minggu ini kembali naik. Distribusi PDP terbanyak berasal dari Kecamatan Kahayan Hilir yakni mencapai 9 orang.

Mobilitas penduduk ke tiga daerah transmisi lokal yang berdekatan dengan Pulang Pisau, yaitu Palangkaraya, Kapuas dan Banjarmasin ditengarai menjadi salah satu penyebab meningkatnya jumlah PDP di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat itu.

Data gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau merinci, pada 24 Mei 2020 lalu, tercatat 10 orang PDP Covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau. Selesai pemantauan PDP 2 orang hingga tersisa 8 orang. Namun pada Jumat 29 Mei 2020 PDP kembali bertambah 1 orang sehingga total PDP 9 orang.

Distribusi PDP 9 orang tersebut antara lain, 2 orang berasal dari Kelurahan Bereng, 6 orang dari Kelurahan Pulang Pisau, dan 1 orang dari Desa Anjir Pulang Pisau.

Demikian disampaikan juru bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo, saat menggelar rapat analisa dan evaluasi (Anev) di posko Tanggap Darurat Covid-19 Pulang Pisau, Jumat (29/5).

Lebih rinci Mul menyampaikan, penambahan PDP ada 1 orang dari Kelurahan Pulang Pisau, sedangkan PDP selesai ada 2 orang, 1 dari Desa Pangkoh Hilir, Kecamatan Pandih Batu, dan 1 orang lagi dari Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir.

“Dua orang selesai PDP tersebut hasil swabnya keluar pada 28 Mei 2020, dengan hasil dua kali negatif Covid-19,” tukas Mul.

Sedangkan untuk kasus orang tanpa gejala (OTG) tidak ada penambahan, demikian pula OTG selesai juga nihil. Total OTG ada 2 orang dengan sebaran 2 orang dari Desa Bahaur Hulu, dan 1 orang dari Bahaur Hulu Permai, Kecamatan Kahayan Kuala. Total OTG selesai pemantauan 134 orang.

Demikian pula orang dalam pengawasan (ODP) tidak ada penambahan, ODP selesai pemantauan 1 orang asal desa Tangkahen, Kecamatan Banama Tingang. Total ODP 1 orang dari Desa Anjir Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir sehingga total ODP selesai pemantauan 47 orang.

“Pasien positif Covid-19 hingga hari ini tidak ada penambahan, total pasien positif Covid-19 tetap 7 orang, 5 diantaranya telah dinyatakan sembuh, 1 orang dirawat di RSUD Pulang Pisau dan 1 orang lagi dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya,” papar Mul.

Mul juga mengatakan, trend ODP di Pulang Pisau menurun, tapi PDP meningkat. “Potensi peningkatan kasus disebabkan mobilitas penduduk ke tiga daerah transmisi lokal yang berdekatan dengan Pulang Pisau, yaitu Palangkaraya, Kapuas dan Banjarmasin, tutupnya. asri/red

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!