Kabut Pekat, Fordayak Pulpis Bagi-Bagi Masker

  • Bagikan
Dewan Pengurus Daerah Forum Pemuda Dayak Kalimantan Tengah (DPD Fordayak KT) Pulpid menggelar aksi bagi-bagi masker

SKNEWS (PULANG PISAU) : Dewan Pengurus Daerah Forum Pemuda Dayak Kalimantan Tengah (DPD Fordayak KT) Pulang Pisau menggelar aksi bagi-bagi masker kepada pengujung kawasan Stadion HM Sanusi, Taman Laut Sumbu Kurung dan beberapa simpang jalan di wilayah bumi Handep Hapakat.

Kegiatan tersebut berkaitan dengan kondisi Kabut asap yang semakin pekat dampak dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menyelimuti wilayah Kabupaten Pulang Pisau akhir – akhir ini yang belum juga mereda.

Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran banyak pihak. Terutama dampak negatif yang ditimbulkan bagi kesehatan masyarakat, terlebih bagi anak-anak.

Kegiatan  itu juga didukung penuh oleh Anggota DPRD setempat yang turut hadir bersama Fordayak Pulpis membagikan masker.

Ketua DPD Fordayak Pulpis Dirhayo melalui wakil Ketua I Trisanto Abel mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pengurus Fordayak Pulpis terhadap kesehatan masyarakat atas kabut asap yang semakin pekat menyelimuti wilayah Pulpis.

“Semoga masker yang kita bagi-bagikan ini bermanfaat bagi masyarakat agar terhindar dari penyakit yang diakibatkan kabut asap,” kata Tri, Sabtu (14/9/2019) saat membagi-bagikan masker.

Tri juga menyampaikan dari informasi yang didapat Fordayak Pulpis menyatakan Ideks Standar Pencemaran Udara (ISPA) di Pulpis sudah masuk kategori berbahaya.

“Faktanya saat ini memang seperti itu. Udara sudah tidak sehat lagi untuk dihirup. Jarak pandang juga sudah terganggu. Ini yang menjadi kekhawatiran kita,” ucapnya.

Untuk mengurangi kepekatan asap, Tri yang didamping Waket III Benny Diktus dan pengurus lainnya mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas membakar.

Pihak juga berharap agar tidak ada lagi kegiatan membuka atau membersihkan lahan dengan cara dibakar.

Terakhir, Tri bersama rekan-rekan FKH berharap musibah kabut asap ini segera berakhir.

“Mudah-mudahan segera turun hujan agar kabut asap segera menghilang,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Ketua II DPRD Pulpis Nova Selvia yang betkesempatan hadir dan bersam membagikan masker mengapresiasi penuh kegiatan tersebut.

Ia juga berharap agar kegiatan sosial yang dilakukan Fordayak Pulpis dapat dicontoh oleh beberapa pihak yang berada di wilayah Pulpis.

“Kami tentunya mendukung apapun bentuk kegiatan sosial yang dilakukan, baik Ormas, Forum dan lainnya. Dan Saya pribadi berdoa agar bencana asap yang menyelimuti kota Pulpis cepat berakhir,” tutupnya. ang

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!