Gelar Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial

oleh -132 views
Jelang Giat Tranformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial

Pulang Pisau( SK News ) : Guna memaksimalkan peningkatan SDM dalam kemampuan masyarakat di bidang teknologi Komputer dan internet untuk memberi manfaat sebesar –besarnya kepada masyarakat maka perpustakaan dan Kearsipan Daerah menyelenggarakan kegiatan Stakeholder Meeting ( SHM ) program transportasi perpustakaan berbasis Inklusi Sosial tingkat kabupaten Pulang Pisau.

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada Kamis ( 8/8 ) jam 09.00 wib di aula mess pemkab Pulang Pisau yang akan di hadiri Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo,S.Sos.MM, unsur SOPD, Mitra swasta dan komunitas, kepala desa dan dengan menghadirkan sejumlah peserta dari beberapa perpustakaan desa yang sudah terbentuk yaitu Mentaren 1 dan 2, Anjir Pulang Pisau, Hanjak Maju dan Henda.

Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Pulang Pisau Widi Harsono menyampaikan bahwa Dinas Perpustakaan Kabupaten Pulang Pisau salah satu dari 60 kabupaten di 21 provinsi yang memperoleh Program Transformasi Perpustakaan Umum Berbasis Inklusi Sosial di tahun 2018 dari Perpustakaan Nasional RI.

Di tahun 2019, program tersebut diperluas ke 5 perpustakaan desa, meliputi desa : Mantaren I, Mantaren II, Anjir Pulang Pisau, Hanjak Maju dan Henda sedangkan Perpustakaan sendiri memperoleh bantuan buku, perangkat komputer, dan peningkatan kapasitas SDM melalui bimbingan teknis dan pendampingan (mentoring) secara intensif

“ Perpustakaan didorong untuk meningkatkan layanan komputer dan internet, menyelenggarakan aneka kegiatan untuk menarik minat sekaligus memberi manfaat bagi masyarakat, serta melakukan advokasi dengan pihak lain untuk mendapatkan dukungan,” kata Widi Harsono kepada media ini.

Dijelaskan bahwa Kesejahteraan masyarakat  tentunya menjadi harapan seluruh khalayak  di negeri ini dan menjadi amanat Undang-Undang Dasar 1945 namun kenyataannya masih ada penduduk Indonesia yang hidup dalam kemiskinan seperti data bulan Maret 2018 yang dikeluarkan BPS bahwa jumlah penduduk miskin 9,82 % atau 25,95 juta jiwa.

Data Badan Pusat Statistik menunjukkan angka kemiskinan di pedesaan lebih tinggi dari angka kemiskinan di daerah perkotaan, di tahun 2016 saja Masyarakat miskin perkotaan  7,8 % dan Masyarakat miskin pedesaan  14,1 % sementara Penduduk miskin di Kabupaten Pulang Pisau 5.71 ribu jiwa (Data BPS Tahun  2018) sehingga salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi angka  kemiskinan ini adalah melalui Penguatan Literasi.

Literasi adalah kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang  didalamnya meliputi kemampuan membaca & menulis namun lebih dari itu makna literasi juga mencakup melek visual yang artinya  kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara  visual dan Literasi itu sendiri merupakan hak  dan memberikan manfaat yang nyata yang didapat  melalui pendidikan sekolah maupun program adult literacy (literasi untuk  orang dewasa). sr/red

Catatan Redaksi / admin

Gambar Gravatar
Setiap wartawan yang bekerja untuk kami, selalu kami bekali dengan Kartu PERS SKNews PULPIS, Harap hati - hati bila ada tugas peliputan yang mengatas namakan media ini. Silahkan hubungi kami segera apabila saudara di rugikan. Redaksi whatsApp 24 jam online : 0811 50 4141 Terimakasih