Disbudpar Jelang Festival Handep Hapakat 2023

  • Bagikan
Ragam budaya dan adat lokal di Pulang Pisau sering tampil dalam kegiatan kemasyarakatan dan pemerintahan setempat. Foto : Geryawan SK News

SK NEWS – PULANG PISAU ; Dalam rangka menggiatkan aktifitas  semua sanggar seni di Pulang Pisau Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyelenggarakan event bertajuk Festival Handep Hapakat yang akan dikemas dengan menampilkan ragam budaya dipadu dengan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI.

Menurut kabid budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pulang Pisau, Gotat bahwa festival budaya Handep Hapakat ini bertujuan untuk menggiatkan semua sanggar seni lintas etnik di Pulang Pisau sehingga diharapkan semua sanggar seni akan berpartisipasi ikut dalam kegiatan tersebut.

Dalam gelar festival budaya tersebut akan diberikan kesempatan semua sanggar lintas etnik untuk tampil dengan syarat serta ketentuan akan disampaikan pada saat pendaftaran yang nantinya semua peserta akan didata sehingga masuk menjadi database kesenian di Pulang Pisau.

‘ Festival Handep Hapakat ini sebenarnya sudah beberapa kali digelar namun untuk tahun 2023 ini akan kita gelar kembali guna menggairahkan kelompok seni di pulang pisau, tentu harapannya lebih meriah, lengkap dan memenuhi unsur semua seni di Pulang Pisau,” ucap Gotat.

Dijelaskan juga bahwa dari data yang diperoleh bahwa di Pulang Pisau banyak sanggar yang mendapat bantuan alat musik etnik dari pemerintah setempat dan inilah yang akan di invetarisasi menyangkut keberadaan mereka sehingga pihaknya bisa mengambil langkah kedepan untuk membuat program lanjutan.

Pada faestival ini tidak serta merta menekankan pada siapa yang akan menjadi juara namun festival tersebut bisa juga dikategorikan sebagai upaya mengetahui berapa jumlah sanggar yang aktif dan pasib dan kesemuanya  akan menjadi bahan dalam menyusun program kerja lanjutan. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!