Cegah Covid-19, Edy Ajak Warga Muslim Sholat Taubat Serentak

SKNews – Pulang Pisau : Merebaknya kasus pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Pulang Pisau membuat prihatin semua pihak. Tak terkecuali orang nomor satu di Bumi Handep Hapakat ini, Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo mengajak seluruh warga muslim untuk beribadah serentak malam ini, Minggu 31 Mei 2020 di rumah masing-masing.

Ajakan untuk beribadah sholat sunnat malam ini juga disampaikan Edy secara tertulis melalui surat edaran Bupati Pulang Pisau Nomor 451.2/20/KESRA/V/2020 tertanggal 29 Mei 2020. Dalam surat itu ia mengajak masyarakat muslim untuk melaksanakan sholat taubat dan sholat hajat serentak yang dilaksanakan Minggu 31 Mei 2020 ba’da Magrib secara individu maupun berjamaah bersama keluarga di rumah masing-masing.

“Saya mengajak kita semua, warga yang beragama muslim di wilayah Kabupaten Pulang Pisau untuk mendirikan sholat taubat dan sholat hajat secara khusus dan serentak malam ini setelah magrib, kita bersama-sama berdoa, memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar dijauhkan dan dihindarkan dari wabah Covid-19 yang saat ini juga melanda kabupaten kita ini,” ujar Edy, Minggu (31/5) di Pulang Pisau.

Namun ia juga mengingatkan, agar dalam pelaksanaan sholat taubat dan sholat hajat ini tetap disertai upaya pencegahan penularan Covid-19 sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Sebelum berwudhu kita cuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air mengalir, menggunakan masker dan penutup mulut dan hidung yang standar, dan bagi yang melaksanakan berjamaah bersama keluarga agar shaf diatur kurang lebih 1 meter, dan masing-masing jemaah menggunakan sejadah sendiri, serta bagi yang kurang sehat disarankan untuk melaksanakan secara individual,” jelas Edy.

Dalam surat edaran tersebut juga mencantumkan tata cara sholat taubat sebagaimana kaifiyat para imam mazhab, juga disarankan memperbanyak membaca istighfar dan sholawat kepada Nabi Muhammad Shollollohu Alaihi Wasallam.

“Barangkali dengan ibadah sholat taubat dan sholat hajat serta memperbanyak istighfar dan membaca sholawat ini, Allah angkat wabah Covid-19 ini, khususnya di kabupaten Pulang Pisau, sehingga kita bisa hidup normal seperti dulu lagi,” ucap Edy seraya mengatakan bahwa imbauannya tersebut telah mendapatkan persetujuan dari lembaga keagamaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pulang Pisau. asri/red

Respon (63)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!