Bupati Pulang Pisau ; Aset Tidak Jelas Harus di Catat Kejelasannya

  • Bagikan

Pulang Pisau -SKNews- Bupati Pulang Pisau (Pulpis), H. Edy Pratowo menyebut, masih banyak aset daerah yang belum diinventarisasi dan tidak dikelola dengan baik, padahal, inventarisasi aset merupakan upaya untuk memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu disampaikannya dalam sambutan pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Aset dan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pulpis Tahun 2020 yang bertempat Jl. Wadduha, Aula Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), Kamis (13/02/2020).

“Diharapkan tahun 2020 ini pengelolaan dan daftar inventaris bisa diperbaiki serta penelusuran aset lainnya yang tidak diketahui keberadaannya,” kata Edy.

Untuk itu, lanjut Edy, dirinya meminta kepada seluruh SOPD Pemerintah Daerah (Pemda) Pulpis untuk mengelola aset daerah di dinas masing-masing secara optimal dan bertanggung jawab.

“Aset yang tidak jelas harus di catat kejelasannya, agar bisa sinkron dengan data yang ada di BPPKAD,” pintanya.

Menurut Edy, tugas itu terkait laporan keuangan yang menjadi tanggungjawab pimpinan OPD serta sebagai pengelolaan keuangan harus segera dilaksanakan.

“Untuk itu, saya ingatkan kembali seluruh pimpinan OPD agar segera menyampaikan laporan dimaksud, sehingga laporan akhir tahunan dapat terealisasi tepat waktu,” sebutnya.

Edy juga mengatakan, pimpinan OPD selaku pengunaan barang miliki daerah berwenang dan bertanggung jawab untuk menyusun dan menyampaikan laporan barang semesteran dan tahunan yang berada dalam pengusahaannya kepada pengelola barang.

Sedangkan bagi pejabat pengurus barang, Ujar Edy, agar benar-benar memahami tugas pokok dan fungsinya, sehingga dapat meminimalisasi temuan dari para auditor yang melakukan pemeriksaan setiap tahun terhadap laporan barang milik daerah.

“Tetap jalin kerjasama dan koordinasi dengan instansi terkait, khususnya bidang aset pada BPPKAD dalam rangka pengelolaan barang milik daerah, sehingga setiap permasalahan aset daerah dapat diselesaikan dengan penuh tanggungjawab,” tutupnya,” (Drt).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!