Tranformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial

oleh -135 views
peningkatan minat baca masyarakat yang akhirnya diperoleh SDM Manusia yang handal di bidang teknologi

Pulang Pisau ( SK News ) : Tantangan terberat yang dihadapi Perpustakaan daerah dan Kearsipan adalah bagaimana mengembangkan inovasi di dalam seluruh program peningkatan minat baca masyarakat yang akhirnya diperoleh SDM  Manusia yang handal di bidang  teknologi dan informasi sehingga berbagai terobosan pun di lakukan mulai dari pusat hingga daerah.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pulang Pisau yang di motori Widi Harsono, berupaya semaksimal mungkin dalam menerima tantangan berbagai persoalan tersebut termasuk kegiatan Tranformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial yag di gelar hari ini, Kamis (8/8) di aula mess pemda dengan menghadirkan seluruh elemen penting pelaku dan pengelola perpustakaan di berbagai jenjang tingkatan desa.

“ Hari ini kami mengumpulkan para pelaku pengembangan perpustakaan yang tersebar dibeberapa desa dengan mendatangkan nara sumber  Ibu Dewi Widyaningsih, S.IP dari Trainer Transformasi Perpustakaan dari Perpustakaan Daerah Kab. Barito Utara, ini tentu kita berharap apa yang disampaikan akan menjadi bahan pengembangan perpustakaan di daerah seluruh peserta yang hadir sehingga target kami dalam upaya pengembangan program ini berhasil dengan maksimal,” kata Widi selaku kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Pulang Pisau.

Widi juga menambahkan bahwa salah satu bentuk yang dilakukan adalah dengan menggandeng berbagai elemen pemerhati perpustakaan baik dari perusahaan maupun perbankan sehingga bak gayung bersambut kegiatan hari ini menjadi dorongan bagi semua pihak yang hadir walaupun ada beberapa SOPD yang kurang maksimal dalam merespon kagiatan ini.

Sementara itu  Susilo Tamin  yang hadir mewakili dari bupati Pulang Pisau sangat menyambut baik kegiatan yang dilakukan dinas Perpustakaan dan kearsipan Pulang Pisau mengingat ini merupakan langkah yang harus ditindak lanjuti terkait masih banyaknya masyarakat yang  miskin 14.1 persen berdasar data BPS Pulang Pisau 2018.

Pemberian fasilitas baik komputer dan program lainnya menurutnya sangat positif dan harus lebih di tingkatkan kedepannya mengingat hal tersebut merupakan nafas yang tercermin dari kegiatan Tranformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial melalui penguatan literasi hari ini. sr/red

Catatan Redaksi / admin

Gambar Gravatar
Jika ada yang merasa dirugikan atas Nara Sumber kami silahkan Hubungi Redaksi whatsApp 24 jam online : 0811 50 4141 Terimakasih